Sampah Kembali Menumpuk di Pemalang Usai Iduladha, DLH dan Forkopimda Turun Tangan

TANGGAP: Petugas kebersihan DLH saat mengangkut sampah di sekitar Alun-alun Kota, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Pemalang kembali mengalami penumpukan sampah di sejumlah sudut kota selama dua hari belakangan, akibat dari penambahan volume sampah imbas perayaan Hari Raya Iduladha. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang langsung merespons keluhan masyarakat itu dengan bersinergi bersama seluruh Forkopimda melakukan pembersihan sampah di wilayah kota, Rabu (19/6/24).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang menuturkan, langsung menggerakan seluruh petugas kebersihan untuk mengangkut sampah di beberapa titik, terutama jalanan kota setelah pelaksanaan Iduladha. Disinyalir penyebab utama dari bertambahnya konsumsi rumah tangga masyarakat selama hari raya, sehingga penumpukan sampah ikut melambung.

Baca juga:  Pemalang Kembali Mendapatkan Opini WTP

“Sudah, kita sudah angkut seluruh sampah yang ada. Petugas kebersihan DLH juga langsung turun ketika ada keluhan itu,” tuturnya, Rabu (19/6/24).

Sementara itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengungkapkan, pelaksanaan pembersihan sampah ini dibantu oleh Forkopimda, terutama personil TNI dan Polri yang turun langsung membersihkan sampah. Pihaknya mengimbau masyarakat agar bersama-sama peduli sampah. Tidak hanya dibuang langsung, tetapi dipilah dan dipilih sesuai jenisnya, sehingga tercipta lingkungan bersih, tertib dan sehat.

“Kalau di desa-desa Alhamdulillah pengelolaan sampah sudah ada, tetapi sebenarnya peran paling penting ada di masyarakat. Jadi kami berharap ada sinergitas warga untuk bersama peduli dengan sampah,” ucapnya.(fan/sam)