Jepara  

Satpol PP Jepara Turunkan Baliho yang Langgar Aturan

PENERTIBAN: Satuan polisi Pamong Praja Jepara saat menertibkan baliho yang melanggar aturan di kawasan protokol Alun-alun satu, Jepara Kota, Rabu (19/6/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jepara menertibkan puluhan baliho bakal calon kepala daerah, Rabu (19/6/24). Baliho-baliho tersebut berada di sekitar area Jepara Kota.

Penertiban baliho tersebut dilakukan akibat pelanggaran yang tidak sesuai dengan Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Jepara Nomor 20 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Penertiban merupakan upaya bagian yang dilakukan Satpol PP sebagai penegakan.

Kepala bidang Penegakan Perundang-undangan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Kabupaten Jepara, Abdul Khalim mengatakan, puluhan baliho yang diturunkan berada di atas ruas trotoar area protokol. Dengan dipasang menempel di pohon, tiang rambu-rambu lalu lintas, dan di lampu penerangan jalan.

Baca juga:  Kerja Sama dengan Perhutani, Pemkab Jepara Manfaatkan Lahan Seluas 5.027 Hektare

“Kami bergerak secara cepat untuk melakukan penertiban pagi-pagi. Karena, saya mendapati informasi bahwa tadi malam dilakukan pemasangan baliho secara sembarangan di jalan protokol,” jelasnya usai melakukan penertiban.

Khalim memastikan jika penertiban baliho tidak tebang pilih. Sebab, baliho yang diturunkan merupakan baliho bertuliskan dukungan kepada Kapolda Jepara terhadap Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dan Crazy Rich Grobogan.

“Penertiban ini tidak ada tendensi apapun. Semua yang melanggar Perda K3 akan ditertibkan,” paparnya.

Setelah ini, lanjut Khalim, penertiban baliho akan masif dilakukan. Dengan itu, satpol PP Jepara telah menyiapkan tim yang akan bergerak menyisir ke jalan-jalan protokol.

Baca juga:  KPU Jepara akan Terjunkan 3.414 Pantarlih

“Tim akan kembali bertugas pada Kamis depan. Kita sudah bentuk tim penertiban,” tandasnya. (cr4/fat)