Gantikan Don Muzakkir, Sudaryono Jadi Ketum Tani Merdeka

SUASANA: Kongres Tani Merdeka I bertajuk “Mencari Format dan Formulasi Kebijakan Sistem Peetanian Nasional Agar Petani Sejahtera” di MG Setos Hotel Kota Semarang, Minggu (31/6/24). (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, resmi menjadi Ketua Umum Tani Merdeka menggantikan Don Muzakkir. Pengangkatan ini diputuskan dalam Kongres Tani Merdeka I di Semarang, Minggu (31/6/24). Sebanyak 1800 peserta dari para pengurus DPD Tani Merdeka se-Indonesia dan 35 DPC Tani Merdeka se-Jateng hadir paada kesempatan itu.

Pada kepemimpinannya ini, Sudaryono akan mengirim 100 kader Tani Merdeka ke Atambua, Nusa Tenggara Timur dalam waktu dekat. Nantinya selama 12 hari, mereka diberi tugas mengikuti pelatihan sebagai Training of Trainer pengolahan pupuk organik.

Baca juga:  Harganas ke-31 di Jateng: Perkuat Peran Keluarga Bangun Generasi Emas dan Tekan Stunting

“Sehingga kebutuhan pupuk nanti berkurang dengan hasil capaian pangan yang lebih baik. Kita biayai semua, cukup mereka fokus belajar bagaimana memproduksi pupuk,” jelas Sudaryono.

Ia mengaku terharu ketika mendapat kepercayaan dari petani-petani se-Indonesia untuk memimpin Tani Merdeka.

“Saya terharu sekali ternyata organisasi yang kita inisiasi selama ini, kita dirikan atas dasar cita-cita, bisa terwujud melakanakan kongres dan dihadiri seluruh Korcab se-Jateng ditambah 38 DPD se-Indonesia,” jelas Sudaryono.

Pihaknya dengan tegas mengajak kepada kader-kader Tani Merdeka untuk bahu membahu bekerjasama meningkatkan kesejahteraan kaum tani di Indonesia. Tak hanya itu, Tani Merdeka akan mengawal kebijakan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, terkait program-program pertanian di Tanah Air.

Baca juga:  KPK Beri Bimtek Keluarga Berintegritas pada 35 Kepala Dinas

“Saya selaku Ketua Umum meminta kepada saudara-saudara semuanya untuk saling bahu membahu bekerjasama untuk kebaikan organisasi dan anggota kita. Kita harus jaga cita-cita Tani Merdeka menjadi mitra pemerintah ikut membantu ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani,” tegas Sudaryono.

Selain itu, ribuan peserta yang mayoritas petani itu juga mendeklarasikan dukungan terhadap Sudaryono, untuk maju sebagai Calon Gubernur dalam Pilkada Jateng 2024.

Menanggapi hal tersebut Sudaryono, menyatakan siap menjaga amanah mereka untuk memimpin Jateng menjadi provinsi yang maju dan mapan.

“Itu aspirasi yang harus saya jaga. Kalau mereka menghendaki saya maju, saya jawab akan gaspoll,” tandasnya. (luk/gih)