15 Paket Sabu Siap Edar Dimusnahkan

AMBIL LANGKAH: Kasatresnarkoba Polresta Yogyakarta AKP Ardiansyah Rolindo Saputra saat melakukan pemusnahan sabu sebanyak 5,56 gram di aula Polresta Yogyakarta, Kamis (4/7/24). (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Satresnarkoba Polresta Yogyakarta melakukan pemusnahan 5,56 gram yang dibagi menjadi 15 paket sabu siap edar di Polresta Yogyakarta, Kamis (4/7). Barang bukti (bb) itu merupakan hasil penangkapan TY di wilayah Sleman, beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan hasil tangkapan kami dua minggu lalu di wilayah Sleman. Awalnya ditemukan delapan paket sabu, tapi setelah kami lakukan penyidikan lebih mendalam, didapati tujuh sabu yang siap edar. Sehingga total ada 15 paket sabu yang siap edar,” ungkap Kasatresnarkoba Polresta Yogyakarta AKP Ardiansyah Rolindo Saputra, Kamis (4/7/24).

Baca juga:  Padat Karya Diharapkan Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Bantul

Dijelaskan bahwa ketujuh paket sabu itu ditemukan tim Satresnarkoba di rumah yang sama, namun dengan lokasi yang berbeda. Adapun pelaku menyembunyikan barang haram tersebut di dalam tali rafting.

“Pelaku menyimpan tujuh paket sabu itu di dalam rongga tali rafting yang digantung di lemari, sehingga petugas kami tidak curiga. Selain itu, TY menyiapkan anjing penjaga, sehingga saat ada orang asing, anjing tersebut seolah memberikan alarm baginya. Untungnya petugas kami yang bertugas melakukan penggeledahan tidak mengalami masalah,” terangnya.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku membeli paket sabu itu seharga Rp550 ribu. Selanjutnya, TY akan menyisikan sabu itu untuk di-packing ulang dan dijual oleh teman-teman terdekatnya.

Baca juga:  Lima Partai Nonparlemen di Bantul Berkoalisi Jelang Pilkada

“Paket sabu yang diterima akan diberi warna merah, dan pelaku melakukan packing ulang dengan warna hitam. Paket itu hanya diedarkan ke teman-teman terdekatnya dengan harga yang sama dan itu telah dilakukan selama satu tahun,” tegasnya.

Ardiansyah menambahkan, pemusnahan sabu itu dilakukan berdasarkan Surat Perintah Pemusnahan Barang Bukti Nomor: SP.Pemusnahan/76/VII/RES.4.2/2024/Satresnarkoba. Agenda tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan Pengadilan Negeri Yogyakarta, Kejaksaan Negeri (Kejari) Yogyakarta, dan Badan POM Yogyakarta.

“Untuk pemusnahan ini, kita lakukan dengan cara larutkan dalam air dan dibuang ke saluran pembuangan, serta untuk pembungkusnya dilakukan pembakaran. Sementara untuk tersangka, kini masih menunggu proses pemberkasan perkara untuk selanjutnya dilimpahkan ke Kejari Kota Yogyakarta,” pungkasnya. (riz/abd)