Kolaborasi Pengelolaan Jadi Kunci Pariwisata Maju

Kepala Disparpora Pemalang Dian Ika
Kepala Disparpora Pemalang Dian Ika. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang mengimbau masyarakat terutama pengelola wisata untuk mau berkolaborasi bersama Pemkab, dalam pengembangan kemajuan pariwisata. Dengan hal itu, diyakinkan pengelolaan nantinya lebih tertib, serta memudahkan pada promosi wisata nantinya.

Kepala Disparpora Pemalang Dian Ika menuturkan, kemajuan pariwisata di wilayahnya akan sulit dicapai bila hanya dinas yang berperan, maka pihaknya mengajak seluruh warga yang tergabung pada pengelolaan obyek wisata turut bergerilya. Hal itu dilakukan dengan kolaborasi antar semua pihak, sehingga potensi wisata di Pemalang yang kaya dapat dimanfaatkan, guna peningkatan perekonomian warga sekitar.

Baca juga:  Pemkab Pemalang Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni Milik Suhadi di Desa Tumbal

“Sebenarnya Pemalang sangat banyak potensi wisatanya, dari gunung sampai pantai ada. Tapi pengelolaannya yang masih jadi pekerjaan rumah besar. Terutama kolaborasi stakeholder pariwisata yang belum maksimal, sehingga obyek wisata masih belum bergairah,” ujarnya, belum lama ini.

Sementara, salah satu yang ditilik mempunyai potensi besar yaitu wisata budaya tradisi masyarakat Desa Asemdoyong pada peringatan satu muharam, dengan pelaksanaan Ambeng Laut atau biasa disebut Baritan. Di mana upacara ini punya nilai pariwisata sangat besar, berdasarkan keunikan budaya yang ditampilkan membuat warga berbondong-bondong menyaksikan upacara itu.

Baca juga:  19 Tari Kreasi Klasik dan Tradisional Meriahkan Dimensi ke-8 Sanggar Seni Diwangkara

Selain itu, masih ada tari tradisional sintren, upacara brendung di Kecamatan Comal, sedekah bumi di daerah selatan Pemalang yang dapat mengundang sejuta wisatawan lokal maupun interlokal mengunjunginya. Pihaknya berpesan, masyarakat bisa berkolaborasi penuh dengan Pemkab dalam mempromosikan setiap upacara adat itu menjadi sebuah pentas wisata yang akan bermuara pada peningkatan ekonomi.

“Pemalang bisa maju dengan pariwisata, yuk bareng-bareng seluruh stakeholder kembangkan kekayaan wisata bukan hanya tentang alam saja, tetapi budaya tradisional juga bisa menjadi salah satu yang menarik. Ini dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat,” tuturnya.(fan/sam)