RSUD dr Adhyatma Punya Inovasi Telpon Mbahe, Dukung Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Geriatri

BERI KEMUDAHAN: Inovasi Telpon Mbahe oleh RSUD dr Adhyatma merupakan konsep telehealth telemedicine secara langsung menggunakan telepon yang menghubungkan pasien dan perawat. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pasien lanjut usia atau lansia, RSUD dr Adhyatma memberikan pelayanan melalui inovasi Telpon Mbahe.

Diketahui, berdasarkan data BPS tahun 2020 menunjukkan bahwa 26,82 juta penduduk Indonesia yang termasuk ke dalam kategori lanjut usia (berusia ≥ 60 tahun), sehingga proporsinya lansia terhadap seluruh penduduk Indonesia adalah sebesar 9,92%.

Direktur RSUD dr Adhyatma, dr Zulfahmi Wahab Sp. PD Sub Sp HOM mengungkapkan, fenomena ini akan memicu masalah baru dalam dunia kesehatan jika tidak dikelola dengan baik.

Baca juga:  Harganas ke-31 di Jateng: Perkuat Peran Keluarga Bangun Generasi Emas dan Tekan Stunting

“Mengingat penyakit geriatri merupakan penyakit multipatologis yang memerlukan pendekatan multidisiplin,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, RSUD dr Adhyatma MPH memiliki komitmen terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan mendukung upaya meningkatkan kualitas hidup pasien geriatri, melalui kebijakan menyelenggarakan pelayanan geriatri tingkat sederhana yang terdiri dari pelayanan rawat jalan dan kunjungan rumah (home care).

Ia menambahkan, Telpon Mbahe merupakan suatu inovasi dan solusi atas ketidakmapuan rumah sakit untuk menyelenggarakan home care dalam bentuk kunjungan langsung ke rumah pada pasien geriatri.

“Sehingga rumah sakit tetap mampu menyelenggarakan pelayanan geriatri tingkat sederhana sesuai SK (Surat Keputusan, Red.) yang berlaku. Telpon Mbahe merupakan konsep telehealth telemedicine secara langsung menggunakan telepon yang menghubungkan pasien dan perawat,” sambung dr Zulfahmi.

Baca juga:  UMP Rendah, Jateng Masih Jadi Primadona Investasi

Melalui Telpon Mbahe, kata dia, pasien dapat berinteraksi langsung dengan menyampaikan masalahnya dan mendapatkan umpan balik secara langsung dari perawat.

Ia mengungkapkan, inovasi Telpon Mbahe yang telah diimplementasikan sejak Desember 2022 ini berdampak pada masyarakat. Sehingga bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lebih berkualitas dan mengutamakan keselamatan pasien serta terjalinnya komunikasi dan informasi.  (hms/adf)