Bangun Pasar, Ajukan Rp 200 M ke Pusat

  • Bagikan
PASCAKEBAKARAN: Kondisi Pasar Banjarsari, Pekalongan belum lama ini. (ANTARA/LINGKAR JATENG)

PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan mengajukan dana sebesar Rp200 miliar kepada Kementerian Perdagangan. Pengajuan tersebut untuk membangun kembali Pasar Banjarsari yang terbakar pada 2018.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Pekalongan Zaenul Hakim mengatakan, pengajuan bantuan itu sudah untuk kedua kalinya. Itu hasil konsultasi dengan Kementerian Perdagangan melalui Kasubid Sarana Distribusi Logistik.

“Pada pengajuan yang kedua ini, pemkot meminta bantuan sebesar Rp200 miliar atau naik dari nilai dalam proposal sebelumnya yaitu Rp100 miliar,” katanya kemarin.

Proposal bantuan itu, sudah diperbarui sesuai detail engineering design/DED dengan segala fasilitas pendukung pasar rakyat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Rencananya, proposal diserahkan pada 27 Juni 2019.

“Karena pemkot mendapatkan undangan khusus ke acara seminar dari Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional. Momentum tersebut sekaligus akan dimanfaatkan untuk beraudiensi dan mengantarkan proposal pada Kementerian Perdagangan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pembangunan Pasar Banjarsari sudah masuk agenda prioritas pada kegiatan musyawarah rencana pembangunan nasional. Bahkan staf dari Kementerian PUPR juga sudah meminta agar pemkot menyampaikan secara umum berapa luas pasar, jumlah pedagang hingga pembagian zonasinya.“Informasinya, masalah ini akan dibahas oleh internal kementerian bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Kami mohon dukungan dari masyarakat terkait upaya yang tengah ditempuh oleh pemkot,” bebernya.(ara/lut)

  • Bagikan