Menjajaki Negeri di Atas Awan Goa Kreo Semarang

  • Bagikan
Monyet Goa Kreo Semarang
Monyet di Goa Kreo Semarang. ©Pixabay

SEMARANG – Jika anda bosan berwisata ke pantai, cobalah untuk mengunjungi Goa Kreo. Obyek wisata ini terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Goa Kreo merupakan gua yang terbentuk secara alami dan terletak di tengah Waduk Jatibarang.

Dalam cerita rakyat, Goa Kreo menjadi lokasi pertapaan Sunan Kalijaga saat dalam pengembaraan mencari kayu untuk bangunan Masjid Demak. Dalam legenda tersebut, Sunan Kalijaga menangkan diri, bersemedi sambil memikirkan bagaimana caranya membawa kayu yang berhasil dia tebang ke Demak.

Di Goa Kreo terdapat banyak monyet ekor panjang, dan menurut legenda juga terdapat tiga monyet gaib anak buah dari Sunan Kalijaga untuk menjaga hutan tersebut.

Obyek wisata yang terdapat di Goa Kreo adalah gua, air terjung, rumah bambu hingga negeri di atas awan. Dua wahana terakhir tersebut merupakan paling banyak dinikmati pengunjung. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang keindahan alam.

Di Goa Kreo juga banyak ditemui kera liar. Meski liar, binatang berekor tersebut sudah terbiasa dengan kehadiran orang. Disarankan bagi Anda yang berkunjung ke sana, lebih baik menyimpan barang bawaan seperti kaca mata, topi maupun barang-barang yang bisa menarik perhatian kera.

Di zona negeri di atas awan, pengelola menyediakan spot yang menarik dan unik untuk foto-foto. Ditambah lagi dengan latar belakang waduk dan hijaunya alam di sana.

Lokasi Goa Kreo berada kurang lebih 13 kilometer dari Kota Semarang. Dari Kalibanteng, Anda tinggal meneruskan perjalanan menuju Jalan Abdul Rahman Saleh, ikuti terus jalan ke arah Gunung Pati. Kemudian ambil arah menuju Desa Sandeng. Lanjutkan perjalanan menuju Wisata Kandri. Lokasi Goa Kreo tidak jauh dari obyek wisata desa Kandri tersebut.

Untuk tiket masuk Goa Kreo juga terjangkau. Pengunjung hanya membayar Rp 5.000 untuk masuk ke area Goa Kreo. Wisata yang terdekat dengan Goa Kreo adalah Kandri. Di obyek wisata bertema pedesaan ini Anda bisa mengajak keluarga untuk bermain seru-seruan. Selain itu ada juga Lakers Club BSB Sport, dengan kolam renangnya yang menghadap langsung ke alam.

  • Bagikan