Wisata  

Banyak Wahana di Grand Maerakaca, Menyesal Jika Anda Tidak ke Sana

Rumah Adat Kota Semarang di Puri Maerokoco
Rumah Adat Kota Semarang di Puri Maerokoco. Wikipedia

SEMARANG – Grand Maerakaca wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Semarang, Jawa Tengah. Grand Maerakaca merupakan rebranding dari Puri Maerakaca yang diharapkan membawa pandangan baru dan pengalaman baru untuk wisatawan yang berkunjung. Di sana disuguhkan berbagai inovasi karya anak bangsa dengan tetap membawa Jawa Tengah sebagai poin utama.

“Grand Maerakaca adalah wahana yang memiliki banyak pilihan dengan banyak inovasi baru yang akan memberikan pandangan baru untuk Anda. Selamat berekspresi,” tutur Direktur PT PRPP Jawa Tengah Titah Listiorini dalam website PPRP Jawa Tengah.

Grand Maerakaca buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Lokasi Grand Maerakaca berada di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat. Tiket masuk berkisar Rp 10 ribu per orang.

Rebranding yang dilakukan oleh pengelola tidak hanya mengubah nama Puri Maerakaca, namun sejumlah usaha juga dilakukan, seperti pembangun pathways sea walk, tracking mangrove, gapura bambu, jembatan beton, mini plaza Blora, Joglo tiket dan informasi, dermaga apung Rembang, revitalisasi dermaga sepeda air, dummy cottage, angkringan kemambang, time tunnel water park legenda Cheng Ho, dan logo raksasa Grand Maerakaca.

Baca juga:  Keindahan Tersembunyi Kali Ndayung, Surga Wisata Alam di Kaki Gunung Muria

Panjang trekking mangrove yang nantinya akan mengelilingi tambak bandeng dan berada di sisi utara Maerakaca. Tambak bandeng tersebut merupakan miniatur Laut Jawa. Sementara itu, di sekeliling tambak, terdapat anjungan yang menyesuaikan posisi geografis kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Berikut daftar wahana di Grand Maerakaca

1. Taman Mini Jateng

Di Wahana ini, Anda dapat menikmati sensasi mengelilingi Jawa Tengah melalui anjungan–anjungan yang ada di Taman Mini Jawa Tengah. Selain bisa jadi lokasi foto yang hits dan kekinian, Anda juga dapat berwisata edukasi dengan mengenal rumah adat daerah dan budayanya. Terdapat 35 Anjungan yang mewakili Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Baca juga:  Keindahan Tersembunyi Kali Ndayung, Surga Wisata Alam di Kaki Gunung Muria

2. Wisata Perahu

Pengunjung dapat mengelilingi miniatur laut Jawa dengan menggunakan perahu dan dapat menikmati pemandangan tanaman mangrove juga trekking mangrove dilengkapi dengan hiburan ikan bandeng loncat.

3. Wisata Kereta Mini

Grand Maerakaca juga menyediakan wahana kereta mini yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berkeliling dan mengenal anjungan atau rumah adat Kabupaten/kota di Jawa Tengah.

4. Trekking Mangrove

Tempat yang satu ini jadi hits banget buat hunting foto bareng temen maupun sendirian. Wahana paling favorit dari pengunjung Grand Maerakaca. Area mangrove yang luas untuk jalan–jalan dan pemandangan yang indah, jadi banyak alasan kenapa wisatawan senang datang ke sini.

5. Jembatan Harapan

Zona favorit setelah tracking mangrove adalah cafe jembatan harapan dan wall of hope. Tempat ngobrol asik bareng teman atau berfoto bersama untuk mengabadikan moment bersama. Di ujung cafe jembatan ada Wall of Hope untuk menulis harapan yang diinginkan.

Baca juga:  Keindahan Tersembunyi Kali Ndayung, Surga Wisata Alam di Kaki Gunung Muria

6. Spectama Foto 3D

Wahana Spectamata Foto 3D ini menjadi favorit karena banyak yang narsis di sini. Sesuai dengan tagline ‘puaskan narsismu’ wahana ini banyak diminati anak muda karena ingin narsis dengan background foto 3D yang unik dan menarik.

7. Jateng Science Center

Belajar bukan lagi hal yang membosankan, melalui wahana yang satu ini anak–anak diajak belajar dengan menyenangkan. Jateng Science Center, wahana edukasi yang menjadi favorite anak–anak ini menyediakan perlengkapan edukasi yang lengkap, dari alat peraga science sampai dengan outbond dan wahana kreativitas yang membuat anak Anda betah belajar sambil bermain.