Hasil Tes Reaktif, Peserta PTM Isolasi Mandiri

  • Bagikan
Siswa SMP N 3 Pemalang sedang menjalani pemeriksaan
CEGAH PENULARAN: Siswa SMP N 3 Pemalang sedang menjalani pemeriksaan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah, Senin (3/5). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Petugas kesehatan dari Puskesmas Kebondalem mengadakan tes swab antigen terhadap guru dan murid di SMP N 3 Pemalang dan SMA N 1 Pemalang, kemarin. Hasilnya, terdapat satu murid SMP dan dua murid SMA yang reaktif, sehingga petugas melakukan tes PCR untuk memastikan hasil tersebut.

Petugas Puskesmas Kebondalem Aris Suraji menjelaskan, hasil dari tes tersebut memakan waktu sekitar tiga hari. Guna menghindari penyebaran Vovid-19 di sekolah, tiga orang siswa tersebut tidak diperkenankan untuk berangkat dan diminta untuk melakukan isolasi.

“Tadi sebelum dites anak nya petugas tanyai berkaitan dengan keluhan kesehatan dan siswi ini sedang mengalami sakit flu disertai pilek, hal tersebut bisa menjadikan hasil tes positif dan untuk lebih akurat kami gunakan tes PCR,” katanya.

Ia menjelaskan, meski terdapat hasil tes yang reaktif, pelaksanaan kegiatan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah tersebut tetap berlanjut dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jika hasil dari PCR nanti adalah negatif, maka siswa tersebut akan diperbolehkan untuk mengikuti pembelajaran lagi.

Baca juga:  BPBD Pemalang Pasang Sistem Peringatan Dini untuk Antisipasi Tanah Longsor

“Selama menunggu hasil PCR siswi ini harus melakukan isolasi mandiri selama tiga hari dan untuk teman sekelasnya bisa melakukan PTM seperti semula,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kebondalem Maenofie menjelaskan untuk ketepatan hasil dari rapid antigen adalah 98 persen. jadi diperlukan tes PCR untuk memastikan apakah benar-benar positif atau tidak. Meski begitu, pihaknya harus menunggu hasil tersebut dalam beberapa hari, karena menunggu hasil laboratorium dari Kota Semarang.

“Hasil telah didapatkan dan semua bisa berjalan kembali seperti rencana awal juga saya harap siswa dan guru selalu menjaga protocol kesehatan selama PTM berlangsung,” imbuhnya.(cr8/akh)

  • Bagikan