Figur  

Manfaatkan Medsos, Gadis ini Edukasi Masyarakat Sampai Hasilkan Cuan

Yuni Nur Hidayati
Yuni Nur Hidayati. (AJI YOGA / JOGLO JATENG)

YUNI Nur Hidayati, wanita kelahiran Kebumen, Juni 1998 punya hobi bermain media sosial (medsos). Dari hobinya, ia bisa mengedukasi masyarakat hingga manfaatkan peluang untuk mendapatkan cuan.

Lulusan Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Walisongo Semarang tahun 2021 ini, sudah bermain medsos sejak awal kuliah. Bahkan, terus berjalan sampai saat ini sembari menjalani rutinitas sebagai Guru PAI di SD Sains Nusantara Kebumen.

Tidak sekedar bermain medsos, berbekal keahlian public speaking, ia bisa manfaatkannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang banyak hal. Seperti soal pendidikan yang ia geluti.

Adapun terkait cuan yang ia dapatkan, Yuni bercerita,bahwa dirinya berhasil mendapatkan cuan dari aplikasi Likee. Meskipun awalnya ia bermain untuk hiburan semata.

Baca juga:  Raih Prestasi di Dua Bidang Berbeda

“Ada fitur live di situ. Iseng-iseng deh nyoba. Eh ternyata banyak yang lihat. Ada orang luar negeri juga yang lihat,” katanya, Rabu (22/12).

Setelah mencoba live, lanjutnya, ternyata ada beberapa agency yang menawarkan untuk jadi host. “Awalnya ndak tahu agency itu apa. Belum percaya juga. Tetapi setelah dijelaskan dari pihak agency, tertarik juga untuk ikut,” ungkapnya.

Yuni menuturkan, bermain medsos tidak selamanya mudah. Bahkan harus berusaha untuk mendapatkan follower. Saat follower banyak, tentunya edukasi yang diberikan kepada masyarakat akan tersebar luas. Begitu juga dengan hasil atau pendapatanya, bisa semakin besar.

Baca juga:  Keluar dari Zona Nyaman untuk Raih Impian

“Awal nyoba live, folower nol. Setelah ikut agency dan berjalan satu bulan follower jadi 2000 orang,” tuturnya.

Yuni menjelaskan, sistem aplikasi Likee yang ia gunakan itu, menggunakan sistem beans. Di mana setiap 210 Beans sama dengan 1 Dolar. Kemudian, target awal sebagai host dalam satu bulan harus live streaming selama 60 jam.

“Sistemnya bisa dicicil. Setiap hari bisa berapa jam. Yang penting satu bulan bisa 60 Jam. Kalau aku, sehari 4 atau 3 jam, setelah selesai mengajar di sekolah,” terangnya.

Dari bermain medsos ini, awal menjadi host Yuni mendapat reward 2000 beans. Kemudian setelah mendapat program host, bertambah menjadi 4000 beans. “Alhamdulillah, awal-awal, bisa dapat sekitar satu juta dua ratus rupiah. Memanfaatkan waktu luang dan main medsos bisa dapat penghasilan tambahan,” ungkapnya.

Baca juga:  Raih Prestasi meski tak Selaras dengan Hobi

“Pendapatan memang tidak langsung jadi dolar. Kita bisa mengambil uangnya setiap tanggal 5. Bisa diambil dengan menukarkan lewat airwalet. Kita daftarin, cantumin rekening, itu aman,” paparnya. (aji/gih)