Maknai HPN, Bangun Sinergitas dengan Media

  • Bagikan
AKRAB: Bupati Kabupaten Pati Haryanto (kiri) saat menjelaskan peran pers kepada Direktur Joglo Jateng Muhammad Syauqi di Rumah Dinas Kabupaten, Rabu (9/2/). (AZIZ NURFADILLAH / JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) kali ini, Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengharapkan adanya kolaborasi dan sinergitas antara Pemeritah Kabupaten Pati dengan media. Salah satunya dengan media cetak dan online Joglo Jateng.

Dalam momentum HPN itu, Direktur Joglo Jateng Muhammad Syauqi berdiskusi dengan Bupati Haryanto terkait peran pers saat ini. Bupati mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi rekan media yang turut mempromosikan Pati. Sehingga, media turut menjadi bagian dalam pembangunan dan pengembangan daerah.

Disdik Sleman

“Semoga sinergitas ini tetap terjalin. Prinsip kami tetap menggandeng berbagai media, agar Pati terus maju dan berkembang,” ujarnya saat ditemui di Rumah Dinas Bupati, Rabu (9/2/).

Ia menuturkan, sebagai pers atau jurnalis, harus menyajikan berita yang berimbang dan menampilkan fakta yang ada di lapangan. Sehingga informasi yang disajikan faktual sesuai data sebenarnya.

Pihaknya melanjutkan, dalam memilih narasumber pun harus yang benar-benar mengusai materi. “Jangan asal-asalan pilih orang untuk diwawancarai. Apalagi narasumber yang belum jelas asal usulnya,” tegasnya.

Selain itu, dirinya mengungkapkan, keberadaan media cetak atau koran saat ini mulai tergerus. Hal ini dikarenakan banyak media online yang terus bermunculan. Kendati demikian, koran tetap dinilai sebagai media informasi yang kredibel, meski seiring berkembangnya media online.

Haryanto mengakui, saat ini dunia industri termasuk perusahaan media menghadapi beban yang berat di masa pandemi Covid-19. Di tengah situasi ini, pilihannya yaitu menghadapi dengan optimis atau pesimis. ”Saya ingin pers terus berkembang. Teruslah menjaga sinergitas dan jalin kolaborasi. Tetaplah inovatif, tanpa kehilangan daya kritisnya,” imbuhnya.

Baca juga:  Direktur UPT RSUD Soewondo Purna Tugas

Di samping itu, ia menjelaskan, sebagai pers dituntut untuk bisa berpikir kritis. Dalam artian, menulis berita kritis yang sifatnya membangun. Bukan untuk menjelekkan pihaknya lain.

Pihaknya berharap, agar kerja sama pers dan Pemkab dapat turut berkontribusi dalam pembangunan  daerah.  “Karena pers yang baik, akan senantiasa menjadi sumber berita yang terpercaya bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Syauqi mengapresiasi langkah Bupati Haryanto yang bersinergi dengan media. Ia pun mendukung sinergitas itu demi pembangunan daerah dan kemajuan masyarakat.

“Masyarakat perlu mengetahui program bupati di daerahnya. Dengan begitu masyarakat bisa turut serta mengontrol dan memberi masukan agar Pati lebih baik,” ucapnya. (ziz/gih)

  • Bagikan