Dinkes Jateng Imbau Warga Segera Lengkapi Vaksin

Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar.. (DICKRI TIFANI BADI/ JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengimbau masyarakat segera melengkapi vaksinasi. Hal itu menyusul terbitnya aturan perjalanan kereta api hingga pesawat tanpa tes antigen dan PCR, sebagaimana Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar mengatakan, masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis 1 sampai 3 agar segera dilengkapi. Selain bisa menyesuaikan aturan perjalanan terbaru, vaksinasi bisa membentuk herd immunity.

Tak hanya itu saja, masyarakat juga dimbau jangan kendor dalam penerapan protokol kesehatan. Sebab pandemi Covid-19 belum selesai. “Masyarakat harus segera lakukan vaksin 1, 2, dan 3. Selain itu, tetap patuh protokol kesehatan dan hindari kerumunan,” ujarnya saat dimintai keterangan, Kamis (10/3).

Baca juga:  Minggu Pertama PPDB Inklusi di Semarang, 32 Siswa Sudah Mendaftar

Terkait aturan tersebut, menurut Yunita, pemerintah telah mempertimbangkan setiap aturan yang dikeluarkan, baik sisi kesehatan maupun lainnya. “Prinsipnya, pemerintah dalam membuat ketentuan pasti sudah dengan banyak pertimbangan terkait dengan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, di Kota Semarang jasa perjalanan baik kereta api dan Bandara Internasional Ahmad Yani telah menerapkan aturan perjalanan domestik tanpa tes Covid-19 mulai Rabu (9/3). Meski demikian, layanan tes Covid-19 tetep disediakan bagi yang vaksinnya belum lengkap. (dik/gih)