Kudus  

Disdikpora Kudus Lakukan Koordinasi Pendampingan IKM Jenjang SMP

PAPARAN: Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) M. Zubaedi sedang menyampaikan koordinasi terkait Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP 2 Kudus, Kamis (30/6/2022). (DOK. PRIBADI / JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng –Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus menggelar Rapat Koordinasi Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP 2 Kudus, Kamis (30/06). Koordinasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada melalui Kasi Kurikulum Dikdas Afri Shofianingrum menjelaskan, acara ini mengundang kepala sekolah dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum (Wakakur). Sehingga setiap sekolah bisa menyiapkan kurikulum yang nantinya akan diterapkan di sekolah pada tahun ajaran 2022/2023.

Baca juga:  Kembangkan Jejaring Internasional, UMK Teken MoU dengan Asia University Taiwan

“Sebenarnya kegiatan ini sudah diawali dengan kegiatan pendampingan IHT di setiap sekolah oleh pengawas masing-masing. Namun, untuk memantapkan serta peninjauan kembali, beberapa hal harus disamakan persepsinya,” ujarnya.

Sebanyak 52 SMP mengikuti kegiatan ini. Sedang, pemateri dari kegiatan ini adalah pengawas yang bertugas sebagai pendamping sekolah terkait kurikulum merdeka. Setiap pengawas mengawasi lima sekolah untuk dibina. Untuk saat ini, persiapan kurikulum merdeka telah mencapai 70%.

“Sebanyak 52 sekolah diundang bersama untuk meninjau apa yang sudah dikerjakaan dan diskusi bersama. Utamanya terkait Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Sehingga persepsinya bisa sama dalam menerapkan kurikulum merdeka. Untuk persiapan sudah berkisar 70%, tinggal tinjauan dan pemantapan,” jelasnya.