Perbaikan Rumah Terdampak Banjir di Tunjungrejo Segera Rampung

  • Bagikan
ILUSTRASI: Warga melihat rumah yang roboh setelah diterjang banjir bandang di Desa Tunjungrejo, beberapa waktu lalu. (ANTARA/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati menyebut perbaikan sejumlah rumah rusak terdampak banjir di Desa Bulumanis Kidul akan segera rampung. Di mana, tercatat setidaknya ada 17 rumah rusak akibat banjir di desa tersebut.

Kepala BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya menjelaskan, rumah rusak akibat banjir sedang proses perbaikan, dari kerusakan sedang hingga berat. Sedangkan perkembangan pembangunan disebut akan segera selesai.

“Saat ini sudah dalam proses perbaikan. Persentase perbaikan sudah mencapai 80 persen selesai. Sedangkan untuk rumah yang rusak berat dan hilang ini mulai dibangun,” ungkap Martinus.

Pihaknya juga memastikan perbaikan rumah rusak segera rampung dalam kurun waktu 2 bulan mendatang. Dengan begitu, warga terdampak dapat kembali menghuni rumahnya kembali.

Baca juga:  Rencana Anggaran Pilkada 2024 Capai Rp 80 Miliar

Selain itu, ia juga berharap pembangunan tanggul yang jebol supaya segera selesai. Sehingga, saat warga terdampak kembali ke rumah dengan aman. Diketahui, perbaikan tanggul disangga oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Martinus juga mengingatkan kepada masyarakat sekitar sungai untuk ikut merawat kelestarian alam. Terlebih ada hal-hal yang memperlemah tanggul, sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

“Tetap memberikan catatan ke masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan, memperhatikan kelestarian, dan fungsi sungai. Jangan ada lagi membuang sampah di sungai,” tegasnya. (lut/abd)

  • Bagikan