Tingkatkan Motivasi & Kemampuan Teknik Dasar Passing melalui Model TGT

Oleh: Wahidun, S.Pd.
Guru PJOK SDN 04 Kendaldoyong, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang

PENDIDIKAN jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam bentuk fisik, mental, serta emosional. Menurut Wawan S. Suherman (2004:23), pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang di desain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, dan sikap sportif, kecerdasan emosi.

Selamat Idulfitri 2024

Bola Voli merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran PJOK. Permainan bola voli adalah permainan beregu yang menuntut kerja sama dan saling pengertian antara masing-masing regu. Beberapa teknik dasar permainan bola voli adalah serving atau service, passing, spike dan block.

Passing merupakan teknik dasar untuk melakukan lemparan atau operan bola dalam permainan yang dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan. Sering kali dalam teknik dasar ini anak mengalami kesulitan dan membutuhkan perhatian khusus agar dalam permainan bola voli ini siswa mampu menjadi sosok pemain yang tangguh mampu mengembalikan bola sesuai sasaran.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hasil observasi awal di SDN 04 Kendaldoyong kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), materi teknik dasar keterampilan passing permainan bola voli. Pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar, terlihat aktivitas siswa terlihat kurang bergairah dan tidak mempunyai stamina yang baik artinya siswa dalam pembelajaran hanya melakukan sekali dua kali gerakan saja anak terlihat sudah kelelahan. Kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran kurang memperhatikan penjelasan guru, anak lebih suka bercanda dengan temannya. Dari hasil observasi awal didapat nilai rata-rata keterampilan melakukan passing adalah 65,25 dengan persentase ketuntasan belajar mengajar 47% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) PJOK yang ditetapkan.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Untuk itu, perlu adanya perbaikan proses kegiatan pembelajaran agar anak lebih aktif, sehingga keterampilan melakukan gerak passing atas maupun passing bawah permainan bola voli dapat meningkat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

Metode TGT merupakan model pembelajaran yang dikembangkan oleh Johnsons Hopkins. Dalam model ini, para siswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri dari empat sampai lima orang yang berbeda-beda tingkat kemampuan, jenis kelamin dan latar belakang etniknya. Menurut Slavin (1995), pembelajaran tipe TGT terdiri dari lima langkah tahapan yaitu: a) Membentuk kelompok yang heterogen beranggotakan 3-5 siswa; b) Guru menyiapkan pelajaran, dan kemudian kelompok belajar dalam tim mengerjakan lembar kegiatan untuk menguasai materi; c) Para siswa memainkan game/turnamen dalam kemampuan yang heterogen; d) Memberi penghargaan kepada kelompok yang mencapai skor dengan kriteria tertentu; e) Siswa mengerjakan kuis individual untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Menurut Taniredja (2012: 72-73) kelebihan metode pembelajaran TGT adalah sebagai berikut: a) Rasa percaya diri siswa menjadi tinggi; b) Perilaku mengganggu terhadap siswa lain menjadi lebih kecil; c) Motivasi belajar bertambah; d) Pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pembelajaran; e) Kerja sama antar siswa akan membuat interaksi belajar dalam kelas menjadi hidup dan tidak membosankan; f) Dalam kelas kooperatif siswa memiliki kebebasan untuk berinteraksi dan menggunakan pendapatnya; g) Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan, toleransi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru.

Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, serta berpedoman lima langkah pembelajaran TGT ini dalam suatu pembelajaran, motivasi, dan kemampuan anak dalam melakukan kegiatan passing atas dan passing bawah pada permainan bola voli akan lebih meningkat. (*)