Penerapan Disiplin Diri sebagai Bekal Meraih Sukses

Oleh: Upik Emawati, S.Pd.
Guru BK SMPN 3 Demak, Kabupaten Demak

SESUNGGUHNYA pendidikan itu dimulai sedini mungkin, begitu pula dengan penanaman disiplin pada diri. Memang tidaklah mudah mewujudkan semua itu. Disiplin menuntut kesadaran dari seseorang untuk melakukan dan tidak melakukan apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

Selamat Idulfitri 2024

Disiplin tumbuh dalam upaya untuk memperbaiki sikap dan nilai individu, sesuai nilai yang berlaku atau karakter yang ingin dituju. Disiplin adalah suatu kunci yang bisa memberi orang aturan-aturan sehingga mereka menjalani hidup mereka dengan efisien dan efektif. Saat seseorang memiliki sikap disiplin dalam hidup mereka, itu artinya mereka sedang mengorbankan kesenangan kecil di masa sekarang untuk kehidupan di masa depan.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Disiplin akan menciptakan kebiasaan, kebiasaan akan membuat suatu rutinitas, dan rutinitas ini akan menjadi jati diri seseorang sehari-hari. Kebiasaan dan disiplin sehari-hari yang seseorang ciptakan pada akhirnya akan menentukan siapa dia nantinya. Pada dasarnya, disiplin adalah kemampuan yang konsisten untuk mengendalikan tindakan, perasaan, dan juga emosi.

Disiplin merupakan sikap moral seseorang yang tidak secara otomatis ada pada dirinya sejak lahir, tetapi harus dibentuk oleh lingkungan melalui perlakuan orang tua terhadap dirinya, guru serta orang-orang dewasa lain yang ada di sekitar dirinya. Pada dasarnya, anak lahir dengan sifat-sifatnya yang baik. Sifat-sifat buruk itu muncul apabila ada pengaruh dari orang dewasa yang biasanya salah dalam membimbingnya.

Baca juga:  Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Disiplin harus ditanamkan sedini mungkin, dimulai dalam keluarga oleh orang tua maupun orang dewasa di dalam rumah. Penanaman disiplin ini bisa ditanamkan sejak dini hanya saja caranya yang berbeda-beda.

Disiplin merupakan salah satu bentuk dari pendidikan karakter, di mana tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Melalui pendidikan yang berkarakter, diharapkan setiap individu dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya agar menjadi pribadi yang sukses.

Baca juga:  Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Menyekolahkan Anak

Oleh karena itu, disiplin inilah yang sangat diperlukan untuk membangun karakter pada diri. Penanaman disiplin yang tepat akan menghasilkan terbentuknya perilaku moral yang baik dan positif. Disiplin juga sangat penting dalam perkembangan pada diri individu agar mereka berhasil dalam mencapai hidup yang bahagia dan mencapai penyesuaian yang baik dalam lingkungan sosialnya.

Disiplin dapat membangun karakter serta membangun diri pribadi seseorang dalam mencapai keinginan atau mimpi yang ingin diraih. Dengan kedisiplinan yang telah dibiasakan, maka kesuksesan akan menjadi suatu kemungkinan, bukan kemustahilan. Karena kedisiplinan adalah salah satu modal untuk meraih kesuksesan. (*)