Video Percakapan Greeting dengan Canva

Oleh: Maskanah, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Demak

GREETING adalah ungkapan yang dipakai untuk menyapa seseorang. Greeting  menjadi salah satu materi pembelajaran Bahasa Inggris SMP kelas 8.  Pembelajaran greeting dalam Bahasa Inggris yang biasanya dilakukan oleh guru adalah pembelajaran dengan membuat percakapan antara guru dengan peserta didik. Atau antar peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain.

Selamat Idulfitri 2024

Pembelajaran seperti itu adalah pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru pada materi greeting. Peserta didik membuat percakapannya, kemudian menulis di buku masing-masing dan pada akhirnya mempresentasikan ke depan kelas percakapan greeting yang telah dibuatnya.  Namun ada satu hal yang kurang yang dapat dilakukan peserta didik, yaitu berbagi.

Peserta didik kita adalah generasi Z, yang lahir dalam rentang tahun 1996 sampai dengan tahun 2012 masehi. Generasi Z disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Generasi yang kebanyakan berhubungan dengan dunia maya. Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.

Apapun yang dilakukan peserta didik Genarasi Z selalu ingin dibagikan ke dunia maya. Seperti membuat video percakapan greeting yang dipraktekkan di kelas. Sebagai seorang guru sekaligus fasilitator, maka guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengenalkan teknologi yang tepat yang dapat digunakan dalam   membuat video percakapan greeting oleh peserta didik.  Aplikasi yang tepat yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Canva.

Canva adalah sebuah platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat daripada software grafis lainnya. Tools ajaib ini bisa digunakan secara online melalui browser desktop atau download aplikasi mobile-nya melalui App atau Play Store. Selain itu, Canva menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (pro).

Aplikasi Canva dipilih karena mempunyai banyak kelebihan yaitu: pertama, dapat diakses menggunakan gadget atau laptop. Kedua, fitur-fiturnya banyak dan variatif. Ketiga, tampilannya lengkap mudah dipahami dan mudah digunakan. Kelima, tersedia banyak template yang tinggal edit. Kelima, desain grafis bisa diunduh dan dibagikan dengan beragam format. Keenam, tidak memerlukan ruang penyimpanan. Ketujuh, tersedia fitur simpan otomatis. Dan  kedelapan,  bisa menghapus background video dengan sekali klik.

Pembelajaran greeting yang dilakukan dengan cara membuat video dari Canva, kemudian menguploadnya ke media sosial memiliki banyak  hal   positif. Diantaranya peserta didik dapat memahami materi greeting dengan baik, mempraktekkan langsung percakapan greeting. Kemudian peserta didik juga dapat berbagi hal baik kepada publik atau kepada teman sejawatnya. (*)