Siswa MTsN Pati Berprestasi Tingkat Provinsi

PRESTASI: Siswa MTsN 1 Pati Chiara Azarine Haldis menyabet juara 2 dalam ajang English Speech Competition 2022 Tingkat Jawa Tengah, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Siswa MTsN 1 Pati Chiara Azarine Haldis berhasil menyabet juara 2 dalam ajang English Speech Competition 2022 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ajang ini diselenggarakan oleh Yayasan Ar-Rois Cendekia Semarang, beberapa waktu lalu. Di mana, lomba pidato Bahasa Inggris tersebut diikuti oleh 61 MTs dan SMP se-Jawa Tengah.

Sang juara, Chiara menyampaikan bahwa dirinya tidak menyangka atas predikat juara yang diperolehnya itu. Sebab, saat mengikuti lomba ia harus menghadapi beberapa tantangan, yakni terkait kepercayaan diri dan mental berbicara.

Selamat Idulfitri 2024

“Sempat merasa tidak percaya diri karena peserta lain memiliki kemampuan yang bagus. Apalagi dalam kondisi batuk sehingga harus bisa mengkontrol suara agar tetap stabil dan dapat tampil maksimal,” kata Chiara, belum lama ini.

Baca juga:  Tebar Kebermanfaatan bagi Sesama lewat Bakti Lingkungan

Sebelum mengikuti kompetisi, Chiara bersama satu rekannya, Diera, mengikuti bimbingan secara intens selama tiga hari. Adapun materi yang diajarkan mengenai pelafalan, intonasi, ekspresi, dan pemahaman terhadap teks pidato.

“Biasanya latihan dimulai setelah kegiatan tahfidz dan pembiasaan keagamaan sampai jam istirahat. Kemudian dilanjut lagi setelah sholat dzuhur dan itu dilakukan setiap hari selama tiga hari,” tuturnya.

Atas raihan prestasinya itu, Chiara dan Diera mengucapkan rasa terima kasih kepada pembimbing, guru, serta para pegawai yang selalu memanjatkan doa. “Terima kasih yang tak terhingga kepada Mr. Didin yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing saya dan Diera, juga kepada bapak ibu guru beserta pegawai yang telah mendoakan kami,” ucap Chiara.

Baca juga:  Penumpang Bus AKAP Turun Drastis

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak mengaku bangga terhadap prestasi bidang non akademik anak didiknya yang semakin bersinar. Terlebih, dalam lomba ini Chiara menunjukkan bakat dalam berbahasa asing yang merupakan salah satu program unggulan MTsN 1 Pati.

“Luar biasa, setelah story telling kemarin, anak kami kembali unjuk bakat dan Alhamdulillah membanggakan. Artinya, slogan MTsN 1 Pati sebagai madrasah yang unggul mendunia semakin terlihat,” paparnya.

Dirinya juga berharap supaya kedepannya siswanya terus mengasah kemampuan. “Semoga kedepan, anak-anak kami terus mengasah bakat dan potensinya. Tidak hanya di bidang bahasa namun di bidang lainnya juga,” harapnya. (lut/fat)