Opini  

Dosen FKM Unimus Gelar Pengabdian Masyarakat Edukasi Generasi Z dan Fenomena Perkembangan Medsos di SMP Muhammadiyah 2 Kebumen

PANTAU: Rahayu Astuti Dosen FKM Unimus, saat memantau para siswa dalam program pengabdian masyarakat di SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, Sabtu (28/1). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

Oleh: Dr. Ir. Rahayu Astuti, M.Kes
Dosen Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, FKM, Universitas Muhammadiyah Semarang

SEMARANG, Joglo Jateng – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) telah menjalin kerjasama pengabdian masyarakat dengan SMP Muhammadiyah 2 Kebumen. Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung oleh Dekan FKM Unimus Dr. Sayono, SKM, M.Kes (Epid) dengan Wakil Kepala Sekolah Ahmad Syauqi, S.Pd pada, Sabtu (28/1).

Selamat Idulfitri 2024

Setelah adanya kesepakatan kerjasama tersebut, tim Dosen FKM Unimus melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada hari yang sama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan edukasi pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen dengan tema “Generasi Z dan Fenomena Perkembangan Media Sosial (Medsos)”. Kegiatan itu diikuti oleh 160 siswa dan bertempat di Gedung Da’wah Muhammadiyah Kebumen.

Baca juga:  Upaya Intensif PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana dalam Mengatasi Banjir Awal Tahun 2024, Patut Diapresiasi

Tujuan dari kegiatan ini adalah siswa mampu secara bijak menggunakan media sosial dan mencegah dampak negatif penggunaan medsos. Selain itu siswa mampu memahami pentingnya gizi seimbang bagi anak sekolah untuk mencapai prestasi yang optimal dan pentingnya melakukan olah raga.

SEPAKAT: Sayono Dekan FKM Unimus (kanan) bersama Ahmad Syauqi Wakil Kepala Sekolah (kiri) usai menandatangani kerjasama pengabdian masyarakat.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Kebumen Bapak Ahmad Syauqi, S.Pd. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh tiga dosen yang didampingi tim pendamping yaitu Retno Hastuti, S.Hum dan Widya Kurnia Azka, S.Ak.

Pada kegiatan ini ada tiga sesi materi, materi pertama disampaikan oleh Nurina Dyah Larasaty, SKM, M.Kes berjudul Sosial Media dan Generasi Z, menjelaskan tentang dampak negatif penggunaan media sosial yang dapat berpengaruh pada perkembangan kehidupan dan kepribadian. Dengan demikian diharapkan siswa mampu secara bijak menggunakan media sosial untuk hal-hal yang baik.

Baca juga:  Upaya Intensif PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana dalam Mengatasi Banjir Awal Tahun 2024, Patut Diapresiasi

Sesi kedua disampaikan oleh Dr. Ir. Rahayu Astuti, M.Kes tentang Gizi Seimbang Untuk Kesehatan Remaja, yang menjelaskan tentang pentingnya gizi seimbang. Yaitu terkait pola makan yang seimbang antara zat gizi yang diperoleh dari makanan yang dimakan dengan kebutuhan zat gizi untuk hidup sehat, cerdas dan produktif. Selain itu disampaikan pentingnya sarapan pagi bagi anak sekolah, karena sarapan dapat meningkatkan stamina, konsentrasi belajar, mencegah hipoglikemia, pusing, lesu dan Lelah.

KOMPAK: Rahayu Astuti (kedua dari kiri) beserta tim Dosen FKM Unimus saat berfoto bersama Ahmad Syauqi Wakil Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, Sabtu (28/1).

Sesi ketiga disampaikan oleh Muhammad Muhibbi, S.Pd, M.Pd tentang Olahraga Sebagai Kegiatan Positif. Kegiatan positif adalah aktivitas atau usaha dalam melakukan hal-hal yang baik dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup. Juga disampaikan tujuan dan manfaat olahraga serta masalah-masalah yang sering dialami remaja. Pada sesi ini diperagakan juga gerakan-gerakan dasar dalam olahraga Pencak Silat.

Baca juga:  Upaya Intensif PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana dalam Mengatasi Banjir Awal Tahun 2024, Patut Diapresiasi

Pada kegiatan ini dilakukan pre-test dan post-test sebagai evaluasi keberhasilan program. Siswa memberi respon yang positif, terlihat ada yang berani menjawab pertanyaan dari narasumber. Juga ada quiz dan siswa yang mampu menjawab dengan benar diberi doorprize, sehingga siswa semangat mengikutinya.

Pihak sekolah melalui Ahmad Syauqi menyatakan, terima kasih kepada tim dari FKM Unimus, serta menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa. Semoga kedepan kerjasama dapat berlanjut pada kegiatan lainnya. (*)