Mangut Lele Legendaris Mbah Marto Ijoyo

BERSELERA: Pengunjung saat memilih menu makanan yang disediakan oleh Mangut Lele Dapur Asli Mbah Marto Ijoyo, Kamis (23/2/23). (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

MANGUT Lele Dapur Asli Mbah Marto Ijoyo, makanan khas Yogyakarta yang telah melegenda sejak tahun 1985 ini beralamat di Jalan Sewon Indah. Dengan proses masak lele yang panjang dengan menggunakan pengasapan, membuat tempat ini tak pernah sepi dikunjungi konsumen.

Poniman selaku penerus Mbah Marto mengatakan, awalnya Mbah Marto berjalan sampai ke Malioboro untuk menjual barang dagangannya dari 1970an. Kemudian pada tahun 1985, Mbah Marto membuka warung di Jalan Sewon Indah.

“Awal mula Mbah Marto ini jualan gudeg. Setelah itu, ayah saya iseng untuk menambah menu jualannya dengan mangut lele. Untuk lelenya adalah lokal, hasil ayah saya mencari,” ungkapnya saat diwawancarai Joglo Jogja di rumah pribadinya.

Baca juga:  Cuaca Panas, Es Doger Barakuda Laris Diserbu Pembeli

Mangut lele Mbah Marto disebut legendaris karena proses pembuatannya dengan pengasapan yang memerlukan waktu yang cukup lama. “Kita konsisten dengan apa yang telah Mbah Marto dan ayah saya lakukan. Dengan cara ditusuk menggunakan pelepah kelapa dan di asap menggunakan batok kelapa selama satu jam, membuat kadar air dalam lele berkurang 20 persen,” tuturnya.

Pengasapan bertujuan untuk membentuk rasa dan menghilangkan kadar airnya. Dalam prosesnya, tidak ada api yang menyala, sehingga membuat proses itu lama dan membuat pengawetan secara alami.

“Pembeli kita arahkan langsung ke dapur untuk melihat proses pembuatan Mangut Lele Asli Mbah Marto karena mayoritas ingin tahu. Mereka juga bisa mengambil sendiri menu makanan yang tersedia,” imbuhnya.

Baca juga:  20 Tahun Eksis, Jadi Soto Legendaris Kecintaan Mahasiswa Jogja

Dengan membawa uang Rp 30 ribu, pengunjung dapat menikmati kelezatan yang diberikan oleh Mangut lele Dapur Asli Mbah Marto Ijoyo. Dalam penyajiannya, terdapat menu pendamping yang bisa dipilih sesuai selera seperti krecek, gudeg, daun pepaya, dan masih banyak lagi. (cr4/abd)