Oleh: Nurhidayah Fajarwati
Guru IPA SMP N 1 Pemalang
PEMBELAJARAN pada kurikulum merdeka berfokus pada peserta didik yang mengedepankan kebutuhan belajar dengan menyesuaikan perkembangan ilmu dan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu media penunjang adalah Quizizz.
Barry Moris mengklasifikasikan empat pola pembelajaran. Antara lain pola pembelajaran tradisional 1, pola pembelajaran tradisional 2, pola pembelajaran guru, dan media. Pada pola pembelajaran guru dan media dengan siswa, pola pembelajaran ini sudah mempertimbangkan keterbatasan guru yang tidak mungkin menjadi satu-satunya sumber belajar.
Menurut Balasubramanian (2017), salah satu media pembelajaran yang menggunakan gawai adalah Quizizz. Pembelajaran ini terbukti meningkatkan kompetensi pembelajaran dengan cara yang menarik dan kolaboratif, sesuai dengan pembelajaran yang berpusat pada pembelajar.
Dengan pembelajaran Quizizz, siswa SMP Negeri 1 Pemalang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Quizizz yang sifatnya bermain interaktif online yang disertai suara musik membuat kelas semakin hidup. Di samping itu, siswa tidak mengalami kejenuhan atau bosan. Khususnya pada materi Bioteknologi. Soal yang diberikan ke siswa dapat diacak dengan durasi waktu yang cepat. Sehingga siswa tidak bisa mencontek atau mencari jawaban di Google. Hasil evaluasi dapat diketahui secara langsung di layar smart phone atau laptop masing masing. Data statistik hasil yang dikerjakan siswa akan muncul sehingga guru tidak perlu melakukan analisis belajar secara manual.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kuis adalah pedoman kata atau sinonim untuk permainan teka teki yang biasanya berhadiah. Pemberian kuiz merupakan salah satu strategi yang diberikan oleh guru terhadap peserta didik dengan memberikan soal-soal pada proses pembelajaran yang berhubungan dengan materi kelas IX Bioteknologi dalam pembelajaran. Tujuannya untuk mengukur kemampuan peserta didik.
Quizziz penerapannya fleksibel dan dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti untuk mengadakan pre test, post test, latihan soal, penguatan materi, atau remedial. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut. Pertama, guru masuk ke www.quizizz.com lalu sign up. Kemudian, masukan akun Google atau Email. Setelah itu, pilih open quiz creator, isikan nama kuis, lalu buatlah pertanyaan.
Pilihlah jawaban dan atur jawaban yang benar. Question preview akan menampilkan soal yang sudah dibuat. Pengguna bisa menambahkan soal baru dan klik finished bila sudah selesai. Pilih grade atau tingkatan kelas berapa, subject atau mata pelajaran, klik finish and create quiz. Tampilkan kuis secara langsung di kelas atau untuk pekerjaan rumah, setting kuis, dan klik proceed.
Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kuis kepada siswa dengan cara klik live game, soal dan pilihan jawaban bisa diacak dan di-setting waktunya. Siswa diminta klik join quizizz.com di hand phone-nya masing masing untuk mengerjakan soal. Bisa juga dengan klik aplikasi Quizzizz yang sudah diinstal melalui playstore dengan memasukan kode game dan nama mereka. Peserta didik yang telah bergabung akan terlihat di layar laptop guru.
Ketiga, pada akhir kuis siswa dapat mengetahui nilai secara langsung dan peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal. Guru dapat mengetahui siswa yang menjawab benar atau salah dan siswa yang mendapat skor tinggi atau rendah. Dengan belajar bioteknologi menggunakan Quizizz, siswa merasa senang dan tidak merasa jenuh sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (*)