Cintai Lingkungan dengan Jalankan Jum’at Bersih

ANTUSIAS: Tampak para pelajar pada sekolah dasar (SD) 3 Jepang, Kabupaten Kudus menjalankan program Jum'at bersih. (HUMAS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sekolah Dasar (SD) 3 Jepang, Kabupaten Kudus terus berupaya menggalakkan kebersihan lingkungan agar dapat terlihat cantik mempesona. Upaya tersebut mereka wujudkan dengan rutin menjalankan kegiatan Jum’at bersih-bersih Jum’at (1/9/2023).

Kepala SD 3 Jepang, Eko Mardiana mengatakan, kegiatan bersihkan sampah sudah mereka jalani sejak 2022 yang lalu. Pada kesempatan itu, pihaknya membersihkan lingkungan sekitar sembari memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya kebersihan.

“Setiap Jum’at kita ada bersih-bersih lingkungan sekolah. Seluruh siswa mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 wajib mengikuti semuanya,” ungkapnya.

Baca juga:  Kader Digital Ajak Masyarakat Ikuti Pelatihan

Menurutnya, tanggung jawab untuk terus menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban dari semua pihak. Sebab, kata dia, budaya positif haruslah dijalankan dengan sebagaimana mestinya.

“Dengan bersihkan tempat pendidikan nanti akan terlihat cantik. Guru, pelajar, hingga termasuk kepala sekolah  juga wajib menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pelajar untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dirinya cukup menyayangkan apabila didapati insan pendidikan yang membuang sampah sembarangan. Sebab, dengan tidak membuang sampah pada tempatnya akan memicu hal-hal yang negatif.

Baca juga:  Posko PPDB Didominasi Aduan Perihal KK

Mardiana berharap, program Jum’at bersih dapat membentuk karakter kerja sama pada diri seorang pelajar. Sekaligus, menjaga aset negara di sekolah ini agar tetap terjaga dengan baik.

“Dengan bersihkan lingkungan ini kan dapat juga menguatkan rasa gotong royong untuk semua pihak. Jadi, kita harus menjalani nya dengan sebaik mungkin, demi kebaikan bersama,” pungkasnya. (cr3/fat)