MTsN 1 Jalankan Projek P5PPRA

SEMANGAT: Seluruh warga MTsN 1 Pati antusias mengikuti kegiatan dalam rangka implementasi P5PPRA, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – MTsN 1 Pati menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Kurikulum Merdeka, belum lama ini. Kegiatan tersebut antara lain pembiasaan pagi, senam sehat, makan sehat, bersih-bersih lingkungan dan ruang kelas.

Kegiatan yang berlangsung di lingkungan MTsN 1 Pati itu bertemakan “Gaya Hidup Berkelanjutan dan Bangunlah Jiwa Raganya”. Seluruh warga madrasah mengikuti sejumlah kegiatan tersebut dengan antusias.

Ketua Tim Pengembang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Henny Nurhasanah mengungkapkan, pelaksanaan P5PPRA yang diawali dengan kegiatan istiqomah atau pembiasaan pagi ini berjalan dengan lancar. Agenda ini utamanya ditujukan untuk kelas tujuh dan delapan. Namun semuanya dilibatkan.

Baca juga:  Perda Cagar Budaya Bisa Jadi Pijakan Pembangunan Museum

“Mereka para siswa terlihat sangat senang dan bahagia. Bahkan sampai bapak-ibu guru dan pegawai pun antusias ikut mensukseskan kegiatan dengan melakukan pendampingan kepada siswanya,” kata Henny, belum lama ini.

Menurutnya, ada yang lebih penting dan utama dalam penerapan P5PPRA tersebut. Yakni memberikan pengalaman nyata kepada siswa sebagai proses penguatan karakter. Di samping itu juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

“Jadi bukan tentang kegiatannya. Akan tetapi yang dinilai adalah karakter siswa itu sendiri setelah mengikuti kegiatan-kegiatan itu,” ujarnya.

Baca juga:  32 Siswa Lolos Seleksi KKO SMP 3 Kudus

Henny menambahkan, P5PPRA akan berjalan setiap satu bulan sekali. Di mana, untuk bulan ini kelas tujuh pihaknya mengambil tema gaya hidup berkelanjutan. Sedangkan kelas delapan tema yang diambil adalah bangunlah jiwa dan raganya.

“Kegiatan ini nantinya dilakukan secara bertahap tiap satu bulan sekali tepatnya di tanggal 2. Untuk tema gaya hidup berkelanjutan, kami mengambil topik green house. Kami berharap, seluruh Bapak-Ibu guru dapat bekerja sama dengan tim untuk mewujudkan projek green house tersebut dan demi suksesnya IKM di MTsN 1 Pati,” harapnya.

Baca juga:  Sinergitas Sekolah dan Orang Tua, SD 1 Gondosari Sukses Gelar Karya

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak mengatakan, kegiatan P5PPRA adalah sebuah amanah yang harus dijalankan dalam Kurikulum Merdeka. Ia menyatakan, kegiatan itu dipergunakan untuk menilai perkembangan dan pertumbuhan karakter siswa sebagai bentuk praktik setelah mengikuti pembelajaran.

“MTsN 1 Pati sebagai pilot project IKM telah melakukan hal tersebut. Dimulai hal yang paling ringan dengan mengambil tema gaya hidup berkelanjutan. Semoga ke depan IKM dapat diterapkan sepenuhnya, sehingga mampu membimbing dan mengembangkan potensi setiap siswa melalui projek berikutnya,” tutur Syafak. (lut/fat)