KB TK Berkat Bagi Anak Bangsa Ajarkan Siswa Berbelanja lewat Market Day

AKTIVITAS: Sejumlah siswa siswi KB TK Berkat Bagi Anak Bangsa saat mengikuti pengenalan sayur dan buah-buahan dalam program Market Day di Pasar Swalayan Ada Srondol, Banyumanik, beberapa waktu lalu. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – KB TK Berkat Bagi Anak Bangsa mengajarkan para siswanya untuk berbelanja sayur dan buah-buahan secara mandiri dalam program Market Day. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasar Swalayan Ada Srondol, Kecamatan Banyumanik.

Guru TK KB Berkat Bagi Anak Bangsa, Nur Indah Purnamasari mengukapkan, sebelum siswa siswi berbelanja, mereka dikenalkan terlebih dahulu berbagai macam sayur dan buah-buahan. Mulai dari jenis hingga manfaat yang didapat dari mengonsumsi bahan dan sayuran tersebut.

“Jadi disini, anak-anak dilarang untuk membeli jajan. Dan begitu nanti sayurnya dibeli oleh anak kita kasih PR dari sayur dan buah-buahan itu langsung diolah di rumah masing-masing. Kemudian di video dan dikirimkan grup kelas, memastikan anak memang memakan olahan masakan dari bahan yang ia beli tadi,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Mahasiswa KKN Posko 11 UIN Walisongo Ikut Turut Ikut Serta Dalam Kegiatan Posyandu Di Desa Kandri

Dalam program Market Day, kata Indah, setelah para siswa memasukkan sepaket sayur dan buah-buahan itu, mereka diajarkan juga untuk membayar secara langsung ke kasir. Sebelumnya, mereka telah mendapatkan uang yang sudah diberikan dari pihak sekolah. Adapun yang dibeli oleh siswa di antaranya yakni bayam, tomat, wortel, dan jeruk yang dikemas dalam satu paket seharga Rp 10 ribu.

“Selain Market Day ini temanya kebutuhan, kita juga ajarkan tema profesi. Jadi kita kenalkan profesi yang ada di pasar swalayan mulai dari kasir, satpam, SPG dijelaskan seragamnya seperti apa dan tugasnya apa saja,” jelasnya.

Baca juga:  SDN Mojosimo Gajah Dikenalkan Profesi Militer

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah, Rani Cahyadi merasa bersyukur adanya program ini. Menurutnya, Market Day mengajarkan anak untuk pola hidup sehat, serta dibiasakan untuk tidak jajan sembarangan di luar lingkup sekolah maupun rumah.

“Semoga anak-anak bisa lebih menghargai orangtuanya untuk makan sayur, dan semakin bisa membantu ortu di rumah seperti berbelanja dan memasak,” harapnya. (cr7/mg4)