RSJD Surakarta Buka Pelayanan Baru Poli Anak

LAYANI: Dokter spesialis anak saat melakukan pelayanan pediatri pada anak di Klinik Anak RSJD Dr Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SURAKARTA, Joglo Jateng – Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah yang berkedudukan di Surakarta membuka pelayanan baru di Klinik Anak, yaitu Pelayanan Pediatri (anak). Klinik tersebut dicetuskan untuk menambah pelayanan umum di RSJD Dr. Arif Zainudin, lantaran RSJD tidak hanya melayani pasien gangguan jiwa, melainkan juga memberikan layanan pasien umum.

Dokter Spesialis Anak RSJD Dr Arif Zainudin, dr Aulya, M.Sc, Sp.A mengatakan, langkah itu dilakukan sebagai upaya agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya pasien pediatri lebih cepat dan mudah. Selain itu juga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Di RSJD ini sebenarnya kami telah membuka pelayanan umum. Jadi di luar dari spesialistik jiwanya ini kami mau mengedepankan pelayanan yang lainnya juga, seperti Rumah Sakit Umum Daerah pada umumnya,” terangnya, kepada Joglo Jateng, Selasa (26/9).

Baca juga:  Bank Jateng Bersama PT Sandana dan PERSI Jawa Tengah Bersinergi Kembangkan Bisnis Jasa Kesehatan

Aulya juga meminta, agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan stigma Rumah Sakit Jiwa yang disandang RSJD Dr Arif Zainudin. Karena untuk perawatan pasien umum sudah dipisah dengan pelayanan pasien jiwa. Masyarakat juga perlu tahu, RSJD Dr Arif Zainudin ini, tidak hanya melayani pasien yang memiliki disabilitas mental saja, namun sudah mulai berkembang untuk pelayanan umum.

Dalam pengembangannya, kali ini RSJD sudah membuka klinik untuk pelayanan kesehatan anak yang juga menyediakan laboratorium seperti rumah sakit pada umumnya. Tak ketinggalan juga, ada alat CT scan khusus untuk anak.

Baca juga:  Bank Jateng Bersama PT Sandana dan PERSI Jawa Tengah Bersinergi Kembangkan Bisnis Jasa Kesehatan

“Kemudian kita juga ada Electroencephalogram (EEG) untuk rekam otak, kemudian ada layanan tumbuh kembang anak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dr Aulya mengatakan layanan tumbuh kembang anak ini menjadi pembeda dengan RSUD yang lainnya. Termasuk dalam memberikan pelayanan akan diberikan secara intensif. Pasalnya pasien yang dilayani tidak hanya diberikan obat, tetapi juga akan didampingi oleh terapis.

“Jika nanti ada anak yang memiliki keterlambatan untuk berbicara, makan, akan kami arahkan untuk terapi wicaranya. Jadi gak melulu obat yang ditekankan, tapi tumbuh kembangnya itu juga didampingi. Di sini kita juga bisa melakukan treatment pada anak berkolaborasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik, dokter spesialis jiwa anak, dokter gigi, psikolog terapis, dan tenaga kesehatan lain,” terangnya.

Baca juga:  Bank Jateng Bersama PT Sandana dan PERSI Jawa Tengah Bersinergi Kembangkan Bisnis Jasa Kesehatan

Aulya juga mengungkapkan, anak bukan miniatur dewasa. Dalam tumbuh kembang anak memiliki berbagai tahapan. Sehingga, sangat diperlukan anak bertemu dengan dokter anak secara reguler.

“Itu untuk memastikan bahwa anak itu memang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, RSJD Dr Arif Zainudin juga sudah melayani pasien dengan BPJS. Ditambahkan, Pelayanan Non Psikiatri RSJD sudah masuk kategori rumah sakit dengan pelayanan tipe B. Sehingga, kalau dibandingkan dengan RSUD yang lainnya RSJD memiliki kualitas obat dan pelayanan yang lebih bagus.

“Kalau mau periksa, pendaftaran dilayani onsite (datang langsung, Red), maupun online melalui aplikasi Si Pemandu yang bisa di-download melalui Playstore,” tutupnya. (bam/all)