Kudus  

Lazisnu Kudus Serahkan Rp 738,3 Juta Donasi Palestina

PEDULI: Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kudus saat menyerahkan donasi, Selasa (28/11) malam. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Penyerahan donasi palestina tahap satu oleh NU Care Lazisnu Kudus melalui PWNU Jateng kepada Sekretaris Lazisnu PBNU Moesava berlangsung pada Selasa, (28/11) malam di INISNU Temanggung.

Penyerahan himpunan dana kemanusiaan korban kekerasan dan perang di Gaza Palestina dari masyarakat Kudus ini mencapai Rp. 738.375.200. Penggalangan dana yang dimulai pada 1 – 30 November 2023 ini merupakan tindaklanjut surat edaran dari PWNU Jawa Tengah.

Ketua Lazisnu Kudus, Ihdi Fahmi Tamami menjelaskan, penggalangan dana ini merupakan bentuk dukungan dan empati saudara di Palestina. Sekaligus bentuk solidaritas masyarakat Kudus sebagai sesama muslim.

Baca juga:  Dinas PMD Kudus Ingatkan Tugas Pokja Prodeskel dalam Rapat Koordinasi

”Lazisnu Kudus mensosialisasikan mengenai penggalangan dana untuk palestina ini ke masing-masing Lazisnu di tingkat ranting yang disebut dengan Upzis. Selain itu, kami juga sosialisasikan ke badan otonom dan lembaga NU lainnya,” jelas Fahmi.

Ia menambahkan, menambahkan, dana tersebut merupakan himpunan dari para donator. Banom NU Kudus, lembaga pendidikan, jam’iyyah pengajian, hingga masyarakat umum.

“Secara teknis, ada yang langsung melalui transfer lewat bank. Dan ada juga yang langsung datang ke kantor Lazisnu Kudus,” imbuhnya.

Pihaknya turut menyetujui sikap PBNU yang menegaskan bahwasanya genosida yang dilakukan Israel atas Palestina tidak boleh dianggap normal meskipun sudah terjadi sekian lama. Ia juga mengajak agar masyarakat turut prihatin dan berempati terhadap kejadian di Palestina.

Baca juga:  Teater Spepaba Sukses Pentaskan Naskah Berjudul Blok B

“Penindasan, intimidasi bahkan pembunuhan sering terjadi terutama kepada anak-anak. Rakyat Palestina masih terjajah sementara negara-negara lainnya bahkan PBB belum bisa mencari solusi. Maka, kita selalu mendukung, mendoakan dan membantu sebisanya,” ungkap Fahmi menegaskan.

Terakhir, ia mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang sudah ikut berdonasi dan berpartisipasi dalam rangka penggalangan dana ini. Ia berharap manfaat dari donasi bisa dirasakaan masyarakat NU khususnya.

“Semoga apa yang kita donasikan untuk warga Palestina menjadi amal jariyah kita. Dan bermanfaat bagi warga Palestina,” pungkas Fahmi. (cr8/fat)