Pati  

Meski Gratis, Jumlah Kendaraan yang Uji KIR tak Meningkat

PELAYANAN: Nampak petugas Dishub Pati sedang mengecek salah satu kendaraan yang sedang uji KIR, Selasa (9/1/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Uji KIR gratis telah diberlakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati sejak 2 Januari lalu. Namun setelah berjalan sepekan, peminat pelayanan gratis ini belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dishub Kabupaten Pati, Benny Noegroho mengatakan bahwa belum ada lonjakan kendaraan yang melakukan uji KIR selama sepekan ini. Ia menyebut jumlahnya masih sama seperti sebelum pelayanan digratiskan.

“Sampai hari ini (Kemarin, Red) masih belum ada peningkatan yang signifikan. Kendaraan yang uji KIR masih seperti hari biasa. Sekitar 70 kendaraan,” ujar dia.

Baca juga:  Diskominfo Pati Sosialisasikan Bahaya Rokok Ilegal ke Masyarakat

Benny tidak mengetahui secara pasti penyebab tidak adanya kenaikan kendaraan yang melakukan uji KIR setelah digratiskan. Padahal, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat lewat media sosial (medsos).

“Kalau masyarakat yang pegang medsos pastinya tahu. Karena kita sosialisasinya di Medsos,” ungkap dia.

Meskipun begitu, pihaknya yakin kedepannya jumlah kendaraan yang melakukan uji KIR bakal meningkat dalam beberapa bulan ke depan. Ia menilai masyarakat akan berbondong-bondong setelah mengetahui pelayanan gratis tersebut.

“Saya ingin  masyarakat yang mempunyai kendaraan agar segera uji KIR. Mumpung ini gratis. Mungkin ke depan akan ramai karena disampaikan lewat mulut ke mulut yang sudah datang ke sini,” imbuhnya.

Baca juga:  Warga Binaan Lapas Pati Dinyatakan Nonreaktif HIV/AIDS & Sifilis

Sebagaimana diketahui, pelayanan Uji KIR gratis ini merupakan kebijakan dari Pemerintah Pusat. Yakni berdasarkan undang-undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. (lut/fat)