Pati  

7.864 Kendaraan di Pati Mati Uji KIR

PELAYANAN: Nampak petugas Dishub Pati sedang mengecek salah satu kendaraan yang sedang uji KIR, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Sebanyak 7.864 kendaraan di Kabupaten Pati mati uji KIR. Hal tersebut berdasarkan data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati pada 2023 lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dishub Kabupaten Pati, Benny Noegroho mengatakan, ribuan kendaraan yang mati uji KIR tersebut di antaranya yakni bermuatan penumpang maupun barang. Meskipun tidak dijelaskan secara rincinya.

“Mati uji dalam arti sudah pernah uji tapi dimatikan. 7.864 itu yang jelas kendaraan tak diujikan selama 2023,” ujar dia, belum lama ini.

Baca juga:  Sudewo Didukung 85 Persen Kades

Adapun warga Kabupaten Pati yang mengujikan kendaraannya pada 2023 ada sebanyak 23.479. Dengan rincian setiap harinya ada sebanyak 70 kendaraan yang uji KIR.

Benny menilai, kendaraan yang mati uji KIR ini karena beberapa faktor. Salah satunya yakni lantaran pemiliknya tak memiliki kesadaran mengujikan kendaraannya.

“Bisa saja kendaraannya sudah dijual kepada orang lain. Kemudian yang punya kendaraan ada yang malas. Bisanya mereka berpikir uji KIR berbelit,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya pelayanan uji KIR gratis kesadaran masyarakat untuk mengujikan kendaraannya meningkatkan. Sebab uji KIR tersebut dimaksudkan untuk menjaga keselamatan pengguna jalan dan pemilik kendaraan.

Baca juga:  Bendung Karet Dikhawatirkan Perparah Banjir

“Harapannya untuk semua warga di Kabupaten Pati yang memiliki kendaraan wajib uji untuk mengujikan kendaraannya. Sehingga kendaraannya benar-benar layak jalan. Lampu dihidupkan, ban jangan sampai gundul dan rem berfungsi dengan baik,” pungkasnya. (lut/fat)