Kendaraan Tak Sesuai Spesifikasi, Dishub Semarang: Banyak yang Tahan Diri Uji Kir Gratis

AKTIVITAS: Salah satu petugas saat melakukan uji KIR kendaraan di Kantor Dishub Kota Semarang, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Pemerintah telah resmi menggratiskan uji kir untuk semua kendaraan bermotor wajib uji. Yaitu mobil barang, mobil bus, mobil penumpang umum, kereta gandengan dan kereta tempelan. Hal ini berdasarkan Undang-Undang No 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah RI No 35 Tahun 2023.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Semarang, Antonius Hariyanto mengukapkan, dampak yang seharusnya terjadi saat uji kir ini telah digratiskan adalah masyarakat senang. Namun karena banyaknya kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi teknis, maka mereka lebih menahan diri untuk tidak melakukan uji kir.

Baca juga:  PPDB SD di Semarang akan Dibuka 18 Juni, Ada 3 Jalur

“Kami sudah melakukan penindakan upaya di jalan-jalan pada bidang kami di pengendalian dan penertiban kita laksanakan operasi secara rutin tujuh kali selama sebulan di Kota Semarang. Untuk menjaring kendaraan-kendaraan yang belum uji kita kolaborasi dengan Satlantas Polrestabes Semarang,” paparnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya pengemudi dan pengusaha kendaraan umum wajib menguji kir kendaraannya di Kantor Dishub Kota Semarang. Pihaknya senantiasa membantu untuk mempermudah proses pemeriksaan secara menyeluruh. (int/adf)