Demak  

BPN Demak Buka Layanan “Pelataran”, Urus Sertifikat Tanah di Akhir Pekan

PANTAU: Tampak Kepala Kantah Demak, Bambang Irjanto sedang mengecek pelayanan yang diberikan oleh pegawai, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

DEMAK, Joglo Jateng – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Demak membuka program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran). Program ini dibuka setiap Sabtu dan Minggu, yang mampu membantu ratusan masyarakat yang ingin mengurus keperluan administrasi seputar tanah.

Kepala Kantah Demak Bambang Irjanto menyampaikan, periode Agustus-Desember 2023 lalu ada sebanyak 40 pemohon yang mengurus haknya di kantor. Dengan rincian 13 pemohon kepengurusan Roya, lima pemohon peningkatan hak, dua pemohon SKPT, tiga pelaksanaan pengukuran, satu pemecahan dan satu pemohon pewarisan.

Selamat Idulfitri 2024

“Jumlahnya sendiri ada 40 pemohon dan bervariasi seperti pengambilan sertifikat dan konsultasi pelayanan. Pemohon program pelataran terbanyak pada Sabtu,” ungkapnya.

Baca juga:  HUT ke-521, Bupati Demak Ingin Masyarakat Bangkit Pasca Bencana

Mengenai penjelasan dokumen roya, itu merupakan bagian dari wewenang BPN untuk menerbitkannya, ketika sebuah tanggungan atas rumah atau tanah telah terlunasi. Proses dilakukan dengan menghapus sertifikat yang menjadi jaminan. Hal ini juga membutuhkan proses administrasi secara langsung di Kantah.

Sedangkan, untuk data Pelataran di Demak telah dilaksanakan sejak September 2022 lalu. Sebagai informasi, program ini diluncurkan oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bersama dengan peluncuran Hotline Pengaduan terpusat di Kementerian ATR/BPN.

“Ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dalam pengurusan administrasi pertanahan di akhir pekan. Itu menjadi solusi bagi mereka yang memiliki kesibukan di hari kerja dan hanya mempunyai waktu luang di Sabtu dan Minggu,” tukasnya.(adm/sam)