Jepara  

Merawat Literasi, Buka Bersama Sekaligus Menggambar Kreasi Kaligrafi

BERSAMA: Anak-anak belajar menggambar kaligrafi di sanggar Rumah Belajar Ilalang, Jepara, Minggu (31/03/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Berdiri sejak 2011 lalu, Rumah Belajar Ilalang (RBI) Jepara tetap konsisten dalam merawat keberadaan taman bacaan masyarakat. Pada momen Ramadan, sanggar belajar yang terletak di Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara ini menggelar buka bersama pada Minggu (31/3/2024).

Menariknya selain buka bersama, kegiatan bertajuk ‘Minggu Ketemu’ itu juga diramaikan dengan membaca, menggambar kreasi kaligrafi, dan nonton bersama dengan anak-anak sekitar.

Selamat Idulfitri 2024

Founder Rumah Belajar Ilalang Jepara Muhammad Hasan melalui Afis Nur Mufidah selaku Volunter RBI mengungkapkan, program ini telah menjadi kegiatan konsisten mingguan sekaligus mempererat tali silaturahmi di tengah momentum Ramadan.

Baca juga:  Tingkatkan Kreatifitas UMKM Melalui Branding

“Iya, acara ini memang sudah menjadi kegiatan mingguan dari RBI Jepara. Ada Jumat Bergiat dan Minggu Ketemu,” ungkapnya saat ditemui di sanggar.

KOMPAK: Anak-anak sanggar Rumah Belajar Ilalang menunjukkan hasil menggambar kaligrafi, Minggu (31/03/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

Menurutnya, RBI Jepara tidak hanya mengenalkan literasi pada anak-anak. Melainkan pengenalan terhadap permainan tradisional, belajar wayang, pesta perayaan pada hari besar, dan gelar karya.

Hal itu telah menjadi kebiasaan dari program RBI dalam menjaga tradisi dan merawat literasi anak-anak di Jepara.  “Kita fokuskan pada pengenalan permainan tradisional kemudian program lainnya seperti bermain dan belajar kreasi, entah itu mewarnai, menggambar, membaca, dan diskusi,” paparnya.

Baca juga:  Terima LKjIP, Pj Bupati Jepara Dorong OPD Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja

Mufidah mengatakan, RBI menjadi wahana untuk belajar sekaligus bermain. Apalagi di bulan Ramadan ini, penanaman karakter akhlak serta pengetahuan agama menjadi sebuah upaya untuk membuka ruang, dialog, belajar, apresiasi, dan silaturahmi bagi anak-anak di Jepara.

“Kita hidupkan kembali RBI ini paska pandemi kemarin. Sehingga anak-anak mampu merasakan belajar di luar ruangan,” pungkasnya. (cr4/gih)