Dishub Rembang Siapkan Empat Posko Mudik di Lokasi Strategis

SIAP: Posko mudik lebaran 2024 yang berada di depan kantor Dishub Rembang siap beroperasi 3-17 April mendatang. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyiapkan empat posko mudik Lebaran 2024. Tempat ini bisa dimanfaatkan para pemudik saat melintasi Rembang. Posko tersebut mulai beroperasi sejak 3-17 April 2024.

Kepala Dishub Rembang, Drupodo mengatakan, titik lokasi posko mudik tersebut antara lain depan kantor Dishub, tempat parkir Alun-alun Lasem yang bergabung dengan Polri. Kemudian depan rumah makan robyong Sluke dan Alun-alun Kota Rembang.

Selamat Idulfitri 2024

“Rencananya, posko mudik akan mulai disiapkan besok dan dapat dimanfaatkan selama arus mudik dan balik berlangsung. Kami pilih tempat tersebut karena dirasa lokasinya memadai untuk sarana parkir dan rest area,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Terus Upayakan Menambahan Kuota Gas 3 Kg di Rembang

Drupodo menambahkan, nantinya setiap Posko akan disebar beberapa personil. Dengan jumlah total 33 orang. Nanti akan dibagi 3 shift. Dengan masing-masing posko sekitar 12 orang.

Sementara itu, disiapkan juga rest area yang dekat dengan posko mudik. Diantaranya di depan kantor Dishub, di parkiran Sendangasri, dan depan rumah makan Robyong. Hal itu dirasa cukup penting untuk pemudik yang ingin beristirahat.

Rest area sendiri tidak ada pembatasan waktu berhenti. Jadi, mereka lebih fleksibel untuk istirahat,” ucapnya kepada Joglo Jateng.

Seperti biasanya, posko mudik dapat dimanfaatkan oleh semua pemudik untuk beristirahat, memeriksa kesehatan. Serta pusat informasi mengenai arus lalu lintas selama musim arus mudik dan balik. Sehingga memberikan kelancaran bagi pemudik dalam perjalanan.

Baca juga:  SMP N 3 Pamotan Siapkan Generasi Penerus yang Mandiri

“Karena tujuan terbentuknya posko ini adalah melaksanakan pemantauan transportasi. Serta lebih memantapkan koordinasi kolaborasi antar petugas stakeholder sebagai upaya mewujudkan keadaan mudik ceria, mewujudkan keselamatan, keamanan, kenyamanan, ketertiban dan kelancaran,” tuturnya. (cr3/fat)