Figur  

Belajar Kerja Sama lewat Bola Voli

Adinastiti Nurul Istiqomah
Adinastiti Nurul Istiqomah. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

ADINASTITI Nurul Istiqomah, perempuan asal Sleman yang akrab di panggil Titin ini mengaku hobi bermain bola voli sejak dari kecil. Baginya, olah raga yang digemarinya itu memberikan beberapa dampak positif, tidak hanya soal kebugaran fisik, tapi juga mengajarkannya arti kekompakan dan kerja sama tim.

Titin mengungkapkan, kegemaran bermain bola voli dimulai sejak dirinya masih berada di Sekolah Dasar (SD). Oleh karena sangat menyukai kegiatannya itu, ia pun termotivasi untuk terus aktif menggeluti hobi tersebut hingga ke jenjang perguruan tinggi. “Jadi dulu awal mula ikut voli itu sejak sekolah dasar. Di situ aku mulai ikut klub voli sekolah,” ungkapnya.

Baca juga:  Terinspirasi BTS, Remaja Bandung Ini Bercita-cita Menjadi Dancer Andal

Setalah lulus SD, hobi itu tak surut ia gemari. Hal itu pula yang kemudian membuatnya masih aktif dan terlibat di dalam klub voli Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Jadi karena aku masih sangat suka dengan olah raga ini, makanya aku tetap lanjut aktif di SMP,” ujarnya.

Akan tetapi, memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), gempuran kesibukan akademiknya kian banyak. Hal itu yang membuat perempuan berparas cantik ini kesulitan membagi waktu antara kegiatan akademik yang wajib ia tempuh dengan aktivitas oleh raga yang ia senangi. “Karena kesibukan aktivitas sekolah saat SMA, akhirnya aku sempat berhenti bermain voli,” kata Titin.

Baca juga:  Biasa Dengarkan Musik, Makhaila Sukses Rilis Lagu

Namun, vakum tiga tahun bermain voli semasa SMA bukan berarti menghentikan segalanya. Setelah memasuki dunia kampus, Titin kembali ikut bermain voli. Ia pun turut bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bola voli di kampusnya, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang. “Setelahnya SMA itu, aku aktif lagi main voli karena bergabung UKM kampus,” imbuhnya.

Meski setelah lulus dari kampus hobi itu nyaris ia tinggalkan, namun pelajaran positif yang ia dapat dari olah tersebut nyata memberikan dampak pada kehidupan yang ia lalui. Baginya, bermain bola voli tidak hanya sekedar olah raga semata. Di olah raga inilah dia belajar kekompakan dan  bekerja sama. “Hal menariknya dari bermain voli menurku, kita bisa belajar buat kerja sama tim,” tandasnya. (nik/abd)