Lepas 708 Calon Haji, Mansur Imbau Jaga Kesehatan

SIMAK: Para Calhaj Pemalang kloter 31,32, dan 33 yang dilepas langsung oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat di Pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu (15/5/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Jelang keberangkatan kloter 31, 32 dan 33, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menggelar pelepasan calon haji (Calhaj) di Pendopo Pemalang, Rabu (15/5/24). Dengan demikian, para calhaj diimbau agar berolahraga jalan kaki, untuk memperkuat daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan jelang ibadah di tanah suci.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menekankan, agar mereka menjaga kesehatan baik sebelum pemberangkatan hingga hari pemberangkatan, yang dijadwalkan pada Minggu (19/5) ini. Adanya waktu persiapan, pihaknya mengajak agar melakukan olahraga ringan jalan kaki, sebab dari pengalamannya ibadah haji lebih banyak menguras energi fisik.

Baca juga:  Wakili Kaum Nahdliyin, Mantan Ketua PCNU Pemalang Nyawabup

“Mohon jemaah calhaj manfaatkan waktu menjelang keberangkatan untuk olahraga kecil, yaitu jalan kaki. Sebab pengalaman saya ibadah haji cukup melelahkan, terutama tawaf banyak menguras tenaga jadi harus persiapan fisik,” ujarnya.

Adapun total jemaah ada 708 calhaj dengan rincian kloter 31 jumlah 290 jemaah dan dua pendamping haji daerah (PHD), kloter 32 ada 352 jemaah serta tiga PHD, serta kloter 33 berjumlah 61 jemaah dan PHD ikut kabupaten/kota lain. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan haji pada 2023 lalu.

Lebih lanjut, sebelum pelepasan Mansur meminta titip doa kepada seluruh jemaah untuk mendoakan Pemalang menjadi lebih baik, maju, makmur dan penuh barokah. Terutama jelang Pilkada 2024 ini, diharapkan pelaksanaan pemilu berjalan lancar tanpa ada gejolak yang berlebihan di masyarakat.

Baca juga:  Dwi Hartono Kembalikan Formulir, Siap Maju Bacabup Pemalang

“Saya minta doanya untuk Pemalang lebih baik, karena doa para calhaj lebih dengan rumah Allah. Sehingga pasti akan membawa barokah untuk ke depannya,” terangnya.(fan/sam)