KPU Pemalang Tekankan PPK Bekerja Maksimal dan Pahami Aturan Pemilu

LANTIK: Ketua KPU Pemalang Agus Setiyanto saat melantik 70 anggota PPK di 14 kecamatan se-Kabupaten Pemalang di Hotel R-Gina, Kamis (16/5/24). (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – KPU Kabupaten Pemalang resmi melantik 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Aula Hotel R-Gina Pemalang, Kamis (16/5/24). Dengan demikian, mereka ditekankan agar melaksanakan tugas semaksimal mungkin, untuk kesuksesan Pilkada pada 27 November mendatang.

Ketua KPU Pemalang Agus Setiyanto menuturkan, berbagai proses Pilkada sejatinya sudah mulai diselenggarakan, dengan pembukaan tahapan pendaftaran calon bupati/wakil dari perseorangan. Kemudian, pembentukan PPK ini untuk persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, gubernur/wakil gubernur Jawa Tengah dan bupati/wakil bupati periode 2024-2029.

Baca juga:  Mansur Diberi Rekomendasi Langsung dari DPP PPP

“Kita sudah melewati pelaksanaan Pileg dan Pilpres, kini bersiap Pilkada gubernur/wakil serta bupati/wakil. Jadi pembentukan PPK di tingkat kecamatan menjadi hal mutlak, untuk penyelidikan pemilu,” ujarnya.

Pihaknya menekankan, kepada semua anggota PPK terpilih untuk bekerja secara maksimal dalam setiap proses pelaksanaan Pilkada nanti. Pasalnya, dari hasil evaluasi KPU RI ada beberapa catatan yang harus diperbaiki oleh PPK, terutama dalam memahami aturan pemilu, di mana pada Pileg/Pilpres lalu Pemalang sempat menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu kecamatan, karena ketidaktahuan aturan oleh penyelenggara.

Baca juga:  Dua Hari Jelang Penutupan, Anom Daftar Gerindra

Oleh sebab itu, dirinya mengajak para PPK aktif membaca aturan KPU tentang penyelenggaraan pemilu agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Dengan harapan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 berjalan lancar, aman dan nyaman hingga penentuan hasil.

“Mari kita sukseskan Pilkada 2024 ini dan mudah-mudahan tingkat partisipasi masyarakat bisa lebih baik, dibandingkan pemilu sebelumnya. PPK saya harapkan bisa rutin menyosialisasikan segala program, sehingga masyarakat paham apa saja alur pelaksanaannya hingga pemungutan suara,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan, Pemkab mendukung dan menyerahkan penuh pelaksanaan Pilkada kepada KPU. Bahkan pihaknya telah menekankan kecamatan dan desa agar memberikan fasilitas lengkap untuk PPK dan PPS. Sehingga kerja mereka bisa maksimal.

Baca juga:  PMI Pemalang Targetkan Rp 1,2 Miliar Penerimaan Bulan Dana

“Kita sudah koordinasi dengan kecamatan dan desa untuk menyediakan kembali tempat bagi PPK dan PPS. Khusus di Kecamatan Ulujami wilayah banjir rob, kami akan membantu penyiapan alat terutama pompa air dalam. Utamanya saat pelaksanaan pemungutan agar tidak terkendala banjir,” tuturnya.(fan/sam)