Pungli di Sekolah Pemalang Jadi Sorotan, Tim Saber Pungli Siap Bertindak!

Bupati Pemalang Mansur Hidayat
Bupati Pemalang Mansur Hidayat. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Berita maraknya pungutan liar (Pungli) di lingkungan sekolah yang belum lama ini viral, langsung jadi sorotan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang. Dengan memerintahkan kinerja tim sapu bersih (Saber) pungli, untuk bergerak menindak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang meresahkan masyarakat.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, pada tahapan penanggulangan akan menurunkan Tim Saber Pungli, untuk bekerja secara optimal. Dengan sosialisasi maupun penindakan langsung kepada mereka yang membandel tidak mengindahkan perintahnya. Sebab dari 2023 lalu, pihaknya sering menekankan agar para ASN di seluruh OPD tidak melakukan hal melanggar hukum tersebut.

Baca juga:  Galangkan Dukungan Politik, Bobi Mencoba Bermanuver di Gerindra

“Ya benar, kita intensifkan kerja dari Tim Saber Pungli ini. Karena mendengar keluhan masyarakat adanya oknum-oknum melakukan pungli,” terangnya, Senin (20/5/24).

Selain kepada para ASN, Mansur mengajak masyarakat ikut serta dalam pelaksanaan penanggulangan pungli di wilayahnya. Dengan cara melakukan laporan kepada pihak berwajib atau saber pungli yang dibentuk oleh dirinya. Harapannya ini bisa menjadi salah satu cara menekan kasus tersebut, terutama di lingkungan sekolah atau pendidikan.

Adapun sebagai tindakan tegas, pihaknya tak akan segan-segan memberikan teguran berat kepada para oknum ASN yang melakukan hal tersebut. Sesuai dengan aturan kepegawaian dari teguran lisan, tertulis, hingga hukuman berat, seperti pemberhentian kerja sementara atau bersifat tetap.

Baca juga:  Kukuhkan 209 Kades Perpanjangan Masa Jabatan

“Sudah saya peringatkan berkali-kali, agar jangan sampai meminta ataupun menarik pungutan yang tanpa ada dasar hukumnya. Saya minta hal seperti ini dihilangkan. Ya kalau masih ada dan terbukti, pasti kita ambil tindakan tegas,” pungkasnya.(fan/sam)