Peningkatan Pemanfaatan Satu Data Indonesia, Pemkab Pemalang Adakan Bimtek Geospasial

SAH: Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Profesor Doktor Rerum Naturalium Muh Aris Marfai telah menandatangani nota kesepakatan penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial, di Aula Sasana Bhati Praja Pemalang, belum lama ini. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang, Pemkab laksanakan Sosialisasi Dan Bimbingan Teknis Pembangunan Infrastruktur Geospasial Dan Pengelolaan Data Dan Informasi Geospasial di Aula Sasana Bhakti Praja Pendopo Kabupaten Pemalang pada Kamis (6/6). Dengan bertujuan membangun persepsi yang sama di antara jajaran ASN di Pemalang terhadap pentingnya fungsi informasi geospasial, serta pelayanan dan pemanfaatan satu data Indonesia.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo menuturkan, pihaknya sengaja mengundang Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Profesor Doktor Rerum Naturalium Muh Aris Marfai sebagai narasumber untuk memberikan penjelasan terkait pentingnya penggunaan geospasial di pemerintahan. Dengan harapan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur geospasial, serta pengelolaan data dan informasi geospasial di Pemalang.

Baca juga:  Dindikbud Pemalang Jamin PPDB Gratis dan Tidak Ada Pungli

“Tujuan kita jelas untuk peningkatan persepsi penggunaan informasi, meningkatkan Kinerja Pemkab Pemalang di Bidang Data Statistik Sektoral dan Geospasial. Serta meningkatkan pelayanan dan pemanfaatan Satu Data Indonesia,” paparnya, Kamis (6/6/24).

Sedangkan, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, pemanfaatan data dan informasi geospasial sebagai sumber data merupakan salah satu elemen yang harus diperhatikan guna mencapai sasaran pembangunan secara efektif dan efisien. Sehingga Pemkab mampu dengan baik menetapkan sasaran area pembangunan yang harus mendapatkan prioritas, agar tercipta pemerataan pembangunan melalui informasi geospasial.

Di mana Pemalang telah memiliki Peraturan Bupati Pemalang Nomor 23 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Pemalang yang telah ditindaklanjuti dengan Edaran Bupati Pemalang Nomor 1120.3.4.2/001774/Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Implementasi Satu Data Indonesia Kabupaten Pemalang,

Baca juga:  Warga Tolak Pembangunan TPA Purana, Mansur Nilai DLH Kurang Komunikasi dengan Masyarakat

Lebih lanjut pada acara tersebut, pihaknya sebagai pimpinan daerah juga membuat nota kesepakatan penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kabupaten Pemalang bersama BIG. Harapannya BIG mampu berkolaborasi dalam langkah besar membangun juga meningkatkan kualitas Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasialnya.

“Kita punya misi besar untuk peningkatan pemahaman seluruh pegawai aparatur di lingkungan Pemkab Pemalang, sehingga berdampak positif pada semakin baiknya kualitas perencanaan, penganggaran dan pembangunan Kabupaten Pemalang. Semoga cita-cita untuk mewujudkan Pemalang lebih maju dan sejahtera dapat semakin cepat terwujud,” paparnya.(fan/sam)