Belum Cakap Membaca, Bocah Pemalang Usia 6 Tahun Raih Juara I Dai Cilik IGRA 2024

BERFOTO: Bupati Pemalang Mansur Hidayat berfoto bersama Ardani Abni Al Fatah (6) beserta kedua orang tuanya, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Walaupun belum masuk bangku sekolah dasar dan belum cakap membaca, Ardani Abni Al Fatah (6) berhasil meraih Juara I Dai Cilik Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) 2024. Latihan khusus yang diberikan orang tua dengan cara mengulangi tiap kata secara berulang-ulang, berhasil diingat secara baik olehnya.

Ibu Ardani, Hani Zava (24) mengaku, sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh putra pertamanya ini. Hasil latihan dan bimbingan dari guru dan dirinya membuat anak yang tahun depan akan duduk di bangku sekolah SD itu berhasil meraih juara Dai Cilik IGRA 2024. Bahkan hadir langsung ke Pendopo Pemalang untuk menemui Bupati Pemalang Mansur Hidayat, yang memberinya apresiasi dan motivasi agar terus mengembangkan bakatnya.

Baca juga:  Pengurus ICMI Pemalang Dilantik, Harapkan Kolaborasi Dunia Pendidikan

“Alhamdulillah bisa ketemu bapak bupati dan diberikan motivasi. Pesan dari beliau agar Ardani bisa terus mengembangkan bakatnya untuk membanggakan Pemalang dimata dunia,” tuturnya, belum lama ini.

Terkait cara pembelajaran, Hani bersama sang suami setiap hari membimbing Ardani dengan telaten dan sabar. Mengingat usianya yang masih suka bermain bersama teman-temannya, menjadikan tantangan tersendiri oleh orang tua serta gurunya. Adapun bakat tersebut terlihat ketika berani maju melantunkan doa makan atau ayat-ayat surat pendek, dari hal kecil itu akhirnya bisa menjadi besar, hingga memenangkan ajang ini.

Baca juga:  Percepat Penyerapan Anggaran Infrastruktur di Pemalang, Perbaikan Jalan Dimulai Juli

Ia menuturkan, latihan yang digunakan setiap harinya yaitu pengulangan hafalan dari guru mengaji dari kata per kata, bahkan dirinya mencatat agar anak paham serta mengingatnya. Sedangkan untuk latihan mental, Arbani sering ditunjuk maju mengulangi latihannya di depan teman-teman sebaya.

“Ya tiap hari saya catat dulu materinya dan ulangi perkata, karena usianya sekarang belum cakap membaca jadi kita ajari kata per kata hingga hafal. Alhamdulillah daya tangkap hafalannya baik dan kepercayaan dirinya mantap, jadi bisa juara,” terangnya.(fan/sam)