Peta Politik Pilkada Mulai Terlihat, Mansur Mendekat Ke PKB

MANTAP: Petahana Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menyerahkan formulir pendaftaran di DPC PKB Pemalang, belum lama ini. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Mansur Hidayat Petahana Bupati Pemalang memantapkan diri mendekat ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan pendaftarannya pada Selasa (11/6) sore dan disambut Sekretaris PKB Pemalang, Slamet Ramudji dan Sekretaris Desk Pilkada PKB, Ajeng Triyani.

Jika mendapatkan rekomendasi dari PKB, maka dipastikan Mansur menyatukan dua partai hijau untuk berkoalisi mendukungnya maju sebagai Bakal Calon Bupati Pemalang (Bacabup) periode 2024-2029.

Bupati yang masih menjabat hingga sekarang itu menuturkan, kedatangan dilakukan setelah menjalani komunikasi intens dengan para elit politik di DPC PKB Pemalang. Di mana Mansur sebelumnya telah mendapatkan rekomendasi penuh dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada pekan lalu.

Baca juga:  Gaji PPPK Jadi Penyumbang Terbesar Kenaikan SILPA

“Kita sebelumnya sudah komunikasi rutin, jadi setelah kemarin mengambil formulir hari ini (Rabu 11/6) kami kembalikan formulirnya ke DPC PKB Pemalang. Harapannya bisa diterima baik oleh partai dan mudah-mudahan mendapatkan rekomendasi,” tuturnya.

Jika rekomendasi benar-benar diturunkan, maka dua partai hijau yang telah lolos di parlemen Pemalang tahun ini akan sepakat mendukung Mansur Hidayat. Sehingga ditambah dengan kehadiran Partai Gerindra maka akan ada tiga partai besar di Pemalang mengusung Mansur Hidayat untuk maju di kontestasi politik daerah yang merupakan partai dengan pendukung kaum nahdliyin terbesar di Pemalang.

Baca juga:  Gelora Politik Pemalang Makin Memanas

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Pemalang, Slamet Ramudji mengungkapkan keterbukaan partainya menerima pendaftaran dari pertahana bupati. Untuk keputusan rekomendasi pihaknya mengikuti instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, karena keputusan semuanya ada pada pusat.

“Tidak perlu ditanyakan sosok beliau sudah menjabat jadi teruji. Namun tetap rekomendasi bukan ranah kami, semuanya ranah dari DPP, kita hanya mengusulkan ke DWP dan DPP,” ujarnya.(fan/sam)