Sekretaris DMI Kota Semarang Harap Kurban Jadi Pembiasaan

Sekretaris DMI Kota Semarang, Abdul Ghofar
Sekretaris DMI Kota Semarang, Abdul Ghofar. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang menegaskan bahwa satu umat Muslim hanya bisa berkurban satu kambing atau domba saja. Selain kambing, satu ekor sapi untuk tujuh orang juga bisa dijadikan hewan kurban. Aturan ini telah disepakati oleh sejumlah ulama dan hukumnya sah sesuai syariat Islam.

Sekretaris DMI Kota Semarang, Abdul Ghofar menjelaskan, hal ini didasarkan pada sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim. Hadis itu berbunyi, “Kami menyembelih hewan kurban bersama Rasulullah SAW pada tahun Hubaibiyah; satu ekor unta untuk tujuh orang dan satu ekor lembu untuk tujuh orang”.

Baca juga:  Deklarasi Kades, KPU Jateng: Tahapan Pecalonan belum Ada

“Berkurban ini juga memberikan pelatihan kepada siswa di sekolah. Dengan harapan nanti setelah siswa sudah berkeluarga sudah terbiasa untuk berkurban,” ucap Abdul saat ditemui Joglo Jateng, belum lama ini.

Menurutnya, berkurban bisa menjadi suatu upaya yang baik. Bisa juga untuk mengedukasi khususnya kepada siswa yang beragama Islam untuk berkegiatan sosial.

“Soalnya namanya berkurban selain kita menunaikan syariat Islam juga memberikan sosial kepada masyarakat,” jelasnya. (int/adf)