Jemput Bola Perekaman KTP-el Digencarkan

TERTIB: Masyarakat saat mengantre melakukan perekaman KTP El di Kemantren Pakualaman, belum lama ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta terus menggencarkan jemput bola perekaman KTP-el di wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk menyukseskan Pilkada November mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki mengungkapkan, saat ini pihaknya telah membuat jadwal untuk melakukan perekaman KTP-el di 14 kemantren dari Juni sampai Agustus mendatang. Di mana kantor kemantren menjadi tempat layanan jemput bola rekam KTP-el dan aktivasi IKD.

“Jemput bola rekam KTP-el dan aktivasi IKD setiap tahun merupakan agenda rutin. Hanya saja ini dalam rangka menghadapi Pilkada tanggal 27 November 2024, kita semakin meningkatkan untuk jemput bola rekam KTP-el diintensifkan khususnya bagi pemilih pemula,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  TPST Dingkikan dan Modalan Diperuntukkan bagi Wilayah Sub-Urban

Septi menegaskan, tujuan layanan rekam data KTP-el di wilayah itu untuk lebih meningkatkan tertib administrasi kependudukan dan menyukseskan Pilkada serentak 27 November 2024. Mengingat salah satu syarat dalam menggunakan hak pilih dalam Pilkada adalah memiliki KTP-el.

Oleh sebab itu, pemilih pemula yang berusia 17 tahun saat hari-H Pilkada harus dipastikan mempunyai KTP-el, sehingga Pilkada bisa berjalan lancar dan sukses. Pelayanan tidak terbatas bagi masyarakat di wilayah kemantren sesuai jadwal, tapi jika ada warga beda kemantren yang datang tetap dilayani.

“Warga yang sekarang ini usianya 16 tahun dan nantinya pada saat hari-H Pilkada sudah 17 tahun kita lakukan perekaman. Jadi saat ini kita melakukan perekaman nantinya pencetakannya saat usia 17 tahun,” terangnya.

Baca juga:  Mainan Jadul Tetap Jadi Primadona

Ia menambahkan, nantinya setelah dilakukan perekaman masyarakat dapat melakukan pengambilan KTP-el Kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta dan Mal Pelayanan Publik. Pengambilan bisa dilakukan saat pemilih pemula berusia 17 tahun, pada saat hari-H Pilkada 27 November 2024. “Dengan adanya jemput bola rekam KTP-el di kemantren ini, monggo kepada masyarakat di Kota Yogyakarta yang belum melakukan perekaman KTP-el untuk segera melakukan perekaman,” tambahnya.

Dari data terakhir, jumlah pemilih pemula yang sudah merekam KTP-el sekitar 96 persen. Dindukcapil Kota Yogyakarta selama ini sudah berupaya melakukan rekam KTP-el di sekolah-sekolah SMA/SMK. Tapi terkadang masih ada pemilih pemula yang tidak masuk sekolah.  (riz/abd)