Opini  

Cinta Tanah Air: Bukan hanya Sebuah Perasaan, tetapi juga Tindakan

Rafika Fajrin

Ditulis oleh: Rafika Fajrin
Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Semarang

CINTA Tanah Air merupakan salah satu dasar dari Pancasila, yaitu sila kebangsaan. Oleh karena itu, cinta Tanah Air menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap warga negara terkait hak dan kewajibannya  dalam ikut serta bela negara, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945.

Cinta Tanah Air adalah berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan negara dan  wilayahnya. Dengan kita memiliki rasa cinta Tanah Air, maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya mendapatkan rasa  aman dan damai untuk negara Indonesia, menjadikan pembangunan negara dapat berjalan dengan lancar. Kemudian, dapat memahami perjuangan para pahlawan, serta dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dan rela   berkorban pada diri kita.

Beberapa hal bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Tanah Air.  Pertama, mempelajari sejarah dan budaya Indonesia. Kedua, berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata di Indonesia sehingga kita dapat memahami lebih dalam tentang kekayaan sejarah. Ketiga, menghargai keragaman budaya dan sosial yang ada di Indonesia, serta keempat terlibat dalam kegiatan sosial dan lingkungan.

Baca juga:  Kemasan Saset: Masalah Lingkungan yang Tersembunyi di Balik Kenyamanan

Jika suatu lingkungan baik, maka para pemuda juga akan tumbuh menjadi pemuda yang baik. Namun, bila sebaliknya, maka para pemuda akan tumbuh menjadi pemuda yang kurang baik.

Budaya luar yang masuk ke Tanah Air membuat para pemuda menggemarinya. Budaya tersebut sangat beragam bentuknya. Mulai dari musik, serial drama, fashion, dan budaya K-Pop. Hal ini membuat rasa cinta tanah air pemuda Indonesia menurun. Mereka lebih menyukai dance K-Pop dibanding tarian tradisional Indonesia yang sangat beragam. Selain dari tarian, banyak pemuda Indonesia lebih menyukai pakaian thrift yang diimpor dari luar negeri dibanding membeli pakaian hasil produk dalam negeri seperti batik. Sangat disayangkan jika keadaan pemuda Indonesia seperti itu.

Baca juga:  Kemasan Saset: Masalah Lingkungan yang Tersembunyi di Balik Kenyamanan

Oleh karena itu, kita sebagai Warga Negara Indonesia wajib mencintai serta menjaga Tanah Air dengan sepenuh hati. Generasi penerus bangsa pada saat ini harus melanjutkan perjuangan pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan menyelamatkan Tanah Air.

Rasa cinta tanah air pastinya harus memiliki kesadaran terhadap berbangsa dan bernegara. Perilaku yang dapat dilakukan untuk memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. Di antaranya, yaitu menghargai keberagaam agama, budaya, ras, suku, dan golongan. Kita juga harus menghargai karya seni dan budaya nasional.

Penerapan Cinta Tanah Air

Cinta tanah air dapat ditunjukkan dalam berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti upacara bendera. Dengan mengikuti upacara bendera kita sudah menunjukkan rasa kecintaan kita terhadap Tanah Air. Seseorang dapat menunjukkan rasa cinta tanah air dengan menghormati simbol-simbol negara seperti lambang burung garuda dan bendera merah putih.

Baca juga:  Kemasan Saset: Masalah Lingkungan yang Tersembunyi di Balik Kenyamanan

Menghormati simbol simbol merupakan salah satu bentuk menghargai perjuangan para pahlawan. Selain itu, seseorang juga dapat menunjukkan rasa cinta tanah air kita dengan membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional.

Terlebih lagi, negara kita memiliki beraneka ragam produk lokal. Dengan kita mencintai produk lokal maka hal tersebut merupakan sebuah bentuk kecintaan kita terhadap Tanah Air.

Sebagai warga negara, membeli produk lokal tidak hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri. Tetapi kita juga turut serta membantu memajukan perekonomian Indonesia dan membantu pengusaha lokal untuk terus berkembang serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Sehingga, dengan membeli produk lokal kita dapat mengurangi  angka pengangguran di Indonesia. (*)