Petani Diminta Siapkan Lahan Hadapi Kemarau

Kabid Ketahanan Pangan DPKP DIY, Raden Bambang Dwi Witjaksono
Kabid Ketahanan Pangan DPKP DIY, Raden Bambang Dwi Witjaksono. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

YOGYAKARTA, Joglo Jogja – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyarankan petani untuk segera menyiapkan lahan mereka guna menanam padi dalam menghadapi kemarau. Langkah ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan pangan tetap terpenuhi.

Kabid Ketahanan Pangan DPKP DIY, Raden Bambang Dwi Witjaksono mengajak petani padi untuk segera mengolah dan menggarap lahan mereka agar siap ditanami kembali setelah masa panen. Hal ini guna menghindari gagal panen saat kemarau dengan pompanisasi di beberapa lokasi.

“DPKP telah memberikan bantuan pompanisasi kepada masyarakat untuk menghadapi musim kemarau. Bantuan ini bisa digunakan untuk mengambil air dari sungai, embung, waduk, atau sumber air lainnya guna mengairi lahan pertanian,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  DP3AP2 DIY Imbau Masyarakat Laporkan Kekerasan Anak dan Perempuan

Langkah ini diharapkan dapat membantu petani menjaga lahan mereka tetap subur. Hal ini dinilai penting untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau, juga agar lahan tidak terlalu lama dibiarkan. “Penggarapan tanah kami harapkan sekitar dua minggu setelah adanya proses panen, sehingga lahan tersebut tetap dapat dimanfaatkan sebelum memasuki musim kemarau,” tuturnya.

Selain pompanisasi, pemanfaatan air bawah tanah juga menjadi salah satu strategi untuk mengatasi kekeringan. Dengan persiapan yang matang dan bantuan yang diberikan, diharapkan petani dapat mengolah lahan mereka dengan baik dan mengurangi risiko gagal panen.

Baca juga:  Pedagang Keluhkan Kenaikan Harga MinyaKita

“Kami akan terus memantau dan memberikan bantuan yang diperlukan agar petani bisa bertahan dan tetap produktif,” pungkasnya. (suf/abd)