SMPN 4 Pemalang Laksanakan PPDB Gratis sesuai Arahan

Kepala SMPN 4 Pemalang Hadi Hartono
Kepala SMPN 4 Pemalang Hadi Hartono. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Ikuti arahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang, SMPN 4 Pemalang menjamin pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 tanpa pengutan biaya alias gratis. Hal ini menjadi konsen pihak sekolah yang ingin mendukung program Pemkab, yaitu pengurangan anak tidak sekolah (ATS), serta pendidikan gratis untuk seluruh anak-anak.

Kepala SMPN 4 Pemalang Hadi Hartono menuturkan, pelaksanaan PPDB TA 2024/2025 ini masih menggunakan sistem online. Di mana pembagian persentase penerimaan langsung sesuai sistem, dengan besaran kuota zonasi 50 persen, prestasi 30 persen, afirmasi 16 persen dan rotasi 5 persen.

Baca juga:  Pojok Cerita di Perpustakaan Taman Pintar Tingkatkan AKM

“Kita melaksanakannya sesuai dengan sistem. Untuk SMPN 4 Pemalang ada dua kecamatan yang masuk zona dalam sistem zonasi, yaitu Kecamatan Pemalang dan Taman,” ujarnya, Kamis (4/7/24).

Pada semua tahapan seleksi, pihaknya menjamin masyarakat ataupun para calon peserta didik baru tidak akan dikenai biaya apapun. Hal ini menjadi konsen Pemkab saat ini, dalam rangka meningkatkan usia lama sekolah, mengurangi ATS, serta peningkatan Indeks pembangunan manusia (IPM) di Pemalang. Bahkan, ATS mendapatkan prioritas khusus agar bisa bersekolah lagi.

Lebih lanjut, SMPN 4 Pemalang membuka kuota PPDB TA 2024/2025 sebanyak 310 siswa seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan harapan siswa-siswi terbaik bisa menjadi bagian di sekolahnya, sehingga mampu meraih prestasi dan membanggakan nama sekolah.

Baca juga:  SMP 2 Undaan Fokus Raih Adiwiyata Nasional

“Kita tidak membeda-bedakan, siapa yang mendaftarkan diri pasti dilayani kemarin dan Alhamdulillah sudah selesai. Harapan saya, siswa-siswi baru nanti dapat belajar lebih giat hingga mampu berprestasi membanggakan nama sekolah,” pungkasnya.(fan/sam)