Forikan Mengajar, DKP Jateng Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan

siswa SMA sederajat se-Kabupaten Magelang menghadri Forikan mengajar di SMAN 1 Mungkid
ANTUSIAS: Ratusan siswa SMA sederajat se-Kabupaten Magelang menghadri Forikan mengajar di SMAN 1 Mungkid, Kabupaten Magelang baru-baru ini. (DIMAS/LINGKAR JATENG)

Tingkatkan Daya Saing Bangsa

MAGELANG– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jateng mengajak siswa SMA sederajat untuk makan ikan. Kegiatan bertajuk Forikan Mengajar tersebut diikuti ratusan siswa dan dipusatkan di SMAN 1 Mungkid, Kabupaten Magelang baru-baru ini.

Kegiatan tersebut dalam rangkaian Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-6 tingkat Provinsi Jateng yang diselenggarakan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Peringatan itu dimeriahkan dengan berbagai macam event. Selain Forikan mengajar, ada juga lomba masak ikan tingkat provinsi, lomba mancing mania, lomba foto dalam air, lomba stand pameran, pentas musik, hingga parade seni.

Baca juga:  Pemkab Berkomitmen Turunkan Angka Stunting di Jepara

Pada Forikan Mengajar yang bertempat di SMAN 1 Mungkid Magelang, dihadiri sebanyak 16 SMA/SMK sederajat, dengan rincian 11 SMA negeri dan 1 SMK Negeri, serta 4 SMK swasta se-Kabupaten Magelang. Turut hadir pula dalam acara tersebut ketua Keluarga Alumni Perikanan UNDIP (KERAPU) Abdul Kadir Karding. Sejumlah artis ibu kota pun turut hadir memeriahkan acara tersebut, salah satunya Rizki eks the Titans.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah Ir. Fendiawan Tiskiantoro, M.Si melalui Sekretaris Dinas Ir. Sakina Rosellasari, MSi,MSc mengatakan, konsumsi ikan di Jateng masih rendah, bahkan menduduki peringkat dua terendah dalam hal mengkonsumsi ikan di seluruh Indonesia. Idealnya mengkonsumsi ikan adalah 100kg perkapita pertahun, sedangkan di Indonesia sendiri masih 52kg perkapita pertahun.

Baca juga:  Jamal Luthfi Beberkan Manuver Partai Politik Jelang Pilkada

“Untuk konsumsi ikan di Kabupaten Magelang ini hanya 19kg perkapita pertahun. Maka dari itu kami mengajak semuanya untuk selalu makan ikan. Untuk menyukseskan peningkatan konsumsi ikan masyarakat Jateng perlu peran serta seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah bersama dengan berbagai elemen terus mendorong agar konsumsi ikan di Jateng meningkat,” katanya kepada seluruh peserta Forikan mengajar.

Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang harus dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional. Ketahanan pangan nasional serta pemenuhan gizi masyarakat, terutama protein, telah menjadi perhatian serius pemerintah.

Baca juga:  Pj Bupati Jepara Dukung Pencananganan Kampung Kartini Tangguh di Tegalsambi

Untuk itu, DKP Jateng bersama Dinas Perikanan di 35 kab/kota terus berupaya mendorong peningkatan produksi perikanan serta pengembangan pengolahan produk perikanan. Penyediaan sarana pemasaran yang representatif, mengembangkan  sistem logistik dan distribusi ikan yang mampu mendistribusikan ikan dari daerah produsen hingga konsumen.

Lebih dari itu, DKP Jateng juga terus memperluas kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui  penyebarluasan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat makan ikanpun tak luput dari fokus DKP Jateng. Selain itu, merubah  budaya dan persepsi yang salah tentang ikan di masyarakat.

“Makan ikan sehat, makan ikan cerdas, tidak makan ikan bukan aku!,” tutup Sakina melalui slogan yang ia gemborkan untuk mendorong para peserta Forikan mengajar untuk makan ikan.(cr4/lut)