Candi Pangkuan Tawarkan Keindahan Hutan dan Pohon Usia Ratusan Tahun

  • Bagikan
Candi Pangkuan Brebes
Ilustrasi gambar Candi Pangkuan Brebes. ┬ęSitusbudaya.id

BREBES – Candi Pangkuan berada di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Objek wisata ini merupakan batu lonjong seinggi 50 cm. Di sekitar candi terdapat 40 makam, tiga di antaranya adalah makam Kyai Wisnu, Kencana Wungu dan Nyi Rantam Sari.

Menurut informasi yang dihimpun, ketiganya sewaktu masih hidup adalah orang yang pertama kali menempati daerah brebes bagian selatan.

Menurut legenda masyarakat sekitar, Candi Pangkuan dulunya digunakan untuk tempat upacara keagamaan masyarakat pada zaman kerajaan. Kawasan candi seluas empat hektare ini ditemukan sekitar tahun 1965. Saat ini Candi Pangkuan dijadikan objek wisata yang menawarkan keindahan hutan dengan pohon yang berumur ratusan tahun.

Candi Pangkuan selalu ramai pengunjung di hari biasa maupun liburan. Keindahan tempat ini bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Di Candi Pangkuan juga terkenal dengan keberadaan kawanan kera-kera. Jumlahnya mencapai ribuan ekor. Setiap hari kawanan kera ini mondar mandir di area wisata. Meski banyak, namun kawanan kera di Candi Pangkuan sudah jinak dan tidak menggigit.

Karena adanya kera, para pengunjung disarankan untuk menjaga barang bawaan yang ukurannya kecil, seperti handphone, kaca mata atau pun topi. Bukan tidak mungkin, jika anda lengah, barang-barang tersebut bisa dibawa kabur kera.

Di kawasan Candi Pangkuan juga disediakan sejumlah sarana umum, seperti area parkir, musala, kamar mandi, penginapan.

  • Bagikan