Kepala Dinas Kesehatan Tegaskan ODP Covid-19 di Kota Surakarta 75 Orang

Konfrensi pers di Dinkes Surakarta Selasa (24/3).

SOLO -Dinas Kesehatan Kota Surakarta menggrlar jumpa pers di kantor setempat Selasa (24/3). Dalam kesempatan itu disampaikan perkembangan kasus virus corona (covid-19) di Kota Surakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, perkembangan jumlah kasus positif covid-19 di Kota Surakarta sejumlah 3 orang (1 orang meninggal dunia). Kemudian PDP sejumlah 4 orang dan ODP sejumlah 75 orang.

Sementara, perhitungan secara epidemiologi potensi resiko penyebaran sebesar 2795 orang.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan yaitu melakukan screening dengan deteksi lebih dini. Supaya mata rantai penyebaran virus corona dapat diputus sedini mungkin sehingga tidak menyebar kemana-mana.

Baca juga:  Bank Jateng Bersama PT Sandana dan PERSI Jawa Tengah Bersinergi Kembangkan Bisnis Jasa Kesehatan

Puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat I akan digerakkan untuk melaksanakan screening. Pasien dengan gejala batuk, pilek, panas, ruang tunggunya sudah tersendiri. Suhu tubuh pasien akan diukur dan diminta untuk mengisi formulir screening.

Seandainya pasien tersebut memenuhi kriteria ODP, maka akan dicatat dan datanya akan dikirimkan ke Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Siti Wahyuningsih mengimbau ODP untuk melakukan isolasi diri secara mandiri selama 14 hari untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kita kan menyarankan untuk isolasi 14 hari dan ini Puskesmas untuk mengawasi,” imbuhnya.

Baca juga:  Bank Jateng Bersama PT Sandana dan PERSI Jawa Tengah Bersinergi Kembangkan Bisnis Jasa Kesehatan

Kesadaran dari masyarakat sangat diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sehingga tidak menyebar kemana-mana. (cr5/lut)