Enam Hektare Lahan Terbakar

  • Bagikan
pemadaman lahan gambut
SEMPROT: Petugas pemadam kebakaran melakukan proses pemadaman lahan gambut yang terbakar di kawasan perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Minggu (28/2). (ANTARA / JOGLO JATENG)

SUKA MAKMUE – Berbeda dengan beberapa daerah di Jawa Tengah yang belakangan ini terendam banjir, di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh justru mengalami musibah lahan gambut kebakaran. Petugas dari beberapa instansi dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang melanda sekitar enam hektare lahan di daerah tersebut.

“Sejauh ini luas lahan terbakar ditaksir mencapai sekitar enam hektare, saat ini upaya pemadaman masih terus dilakukan,” kata Kepala Polres Nagan Raya AKBP Risno SIK di lokasi kebakaran, kemarin sore.

Menurut dia, tim gabungan yang meliputi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), aparat TNI dan Polri, serta warga menggunakan tiga mesin pompa air untuk memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran dari BPBD juga sudah diturunkan ke lokasi kebakaran.

Baca juga:  Pemohon Santunan Kematian Covid-19 Capai 185 orang

Risno mengatakan, sumber air sulit didapat di lokasi kebakaran, sehingga upaya untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di kawasan lahan gambut itu sempat terkendala. Namun, kendala itu kemudian bisa diatasi dan petugas berhasil memadamkan kebakaran yang meliputi lahan di Suak Puntong.

Ia menjelaskan, meski sudah berhasil memadamkan api, namun petugas masih siaga di lokasi kebakaran untuk memastikan tidak ada sumber api baru yang muncul. “Kami berharap tidak ada lagi kebakaran lahan di Nagan Raya, makanya petugas tetap kita siagakan di lokasi,” katanya. (ara/gih)

  • Bagikan