Tips  

USG Rutin Cegah Stunting

USG
ILUSTRASI: Praktik USG. (PIXABAY/ JOGLO JATENG)

JOGLOJATENG.COM – Stunting atau kondisi kurang gizi kronis yang ditandai tinggi badan tidak normal pada anak bisa dicegah sejak masa kehamilan. Hal ini dapat dilakukan melalui pemeriksaan USG secara rutin.

Dokter spesialis gizi klinik Amalia Primahastuti mengatakan pemeriksaan rutin bisa membantu mengetahui apakah pertumbuhan janin sudah sesuai dengan usia. Lalu, demi menghindari terjadinya pertumbuhan janin yang terhambat maka ibu hamil tidak boleh berada dalam kondisi kekurangan gizi  dan terhindar dari infeksi selama hamil agar tidak terjadi kelahiran prematur.

Amalia menuturkan, agar ibu hamil tidak kekurangan gizi, mereka perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Asupan ini terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak dan mikro yakni vitamin dan mineral. Serta suplemen yang dibutuhkan selama hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.

Dia menyarankan bayi di bawah usia enam bulan mendapatkan ASI eksklusif karena ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan sebagai asupan nutrisi pada bayi dilanjutkan dengan pemberian MPASI saat anak berusia enam bulan. Dia juga menekankan imunisasi sesuai jadwal, stimulasi, dan menjaga kebersihan mencakup menggunakan air bersih.

“Kebersihan sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui, terlebih saat pandemi karena berisiko terkena penyakit infeksi termasuk virus Covid-19,” jelasnya.

Kemudian, apabila anak terlanjur stunting, dia menyarankan orang tua membawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan terapi. Pada stunting fase awal, terapi dikatakan mampu membuat tinggi anak ke arah normal.(ara/akh)